PENGEMBANGAN HASIL-HASIL PENELITIAN UNTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT MELALUI PENGABDIAN KAJI TINDAK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA SDN GEJAYAN, PERUMNAS I, II DAN V CONDONG CATUR SERTA MINOMARTANI II DAN III
DOI:
https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5113Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Pengembangan Hasil-hasil Penelitian untuk Pembinaan Pendidikan dan Masyarakat melalui Pengabdian Kaji Tindak Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dan IPA SDN Gejayan, Perumnas I, II dan V Condong Catur Serta Minomartani II dan III bertujuan untuk mensosialisasikan Program Pembinaan Guru oleh Tim SD Mitra untuk diimplementasikan secara nyata dalam kegiatan PBM di kelas untuk Matematika dan IPA.Metode pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan kegiatan sarasehan pad a tahun 1998 untuk identifikasi permasalahan dengan prioritas siswa kelas IV, V dan VI yang ditindaklanjuti dengan perencanaan program untuk mengatasi permasalahan yaitu peningkatan prestasi belajar siswa dengan cara Ulangan Umum Bersama (UUB) bagi semua siswa kelas VI SD Mitra yang dilakukan oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA yang di-EBTANAS-kan. Uji coba soal-soal yang disusun oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA bahan kelas IV, V dan VI, yang ditindaklanjuti dengan analisis hasil belajar dan altematifremidiasinya.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil tes UUB para siswa kelas VI SD Mitra untuk matematika nilai rata-ratanya adalah 58,51 dengan nilai terendah 20 dan tertinggi 98 dari kisaran nilai 0-100. Secara rinei nilai rata-rata matematika untuk bahan kelas IV adalah 64,55, kelas V adalah 59,11 dan kelas VI adalah 58,51. Adapun nilai IPA rata-rata 67,80 dengan nilai terendah 30 dan tertinggi 100 untuk kisaran nilai 0-100. Nilai IPA untuk bahan kelas IV rata-rata 64,85, bahan kelas V adalah69,70 sedangkan bahan kelas VI dengan nilai rata-rata 67,80. Hasil evaluasi pelaksanaan program UUB SD Mitra tersebut tampak mengisyaratkanperlunya remediasi bagi beberapa siswa yang belum berhasil dengan baik, untuk itu maka diperkenalkan alternatifremediasinya.
Downloads
Published
2005-01-01
How to Cite
[1]
Subali, B. et al. 2005. PENGEMBANGAN HASIL-HASIL PENELITIAN UNTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT MELALUI PENGABDIAN KAJI TINDAK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA SDN GEJAYAN, PERUMNAS I, II DAN V CONDONG CATUR SERTA MINOMARTANI II DAN III. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan,Teknologi, dan Seni. 1, 2 (Jan. 2005). DOI:https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5113.
Issue
Section
Articles
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraanas a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-NC-SA License.