PENGEMBANGAN HASIL-HASIL PENELITIAN UNTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT MELALUI PENGABDIAN KAJI TINDAK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA SDN GEJAYAN, PERUMNAS I, II DAN V CONDONG CATUR SERTA MINOMARTANI II DAN III

Bambang Subali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunyoto Sunyoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marsigit Marsigit, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Pengembangan Hasil-hasil Penelitian untuk Pembinaan Pendidikan dan Masyarakat melalui Pengabdian Kaji Tindak Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dan IPA SDN Gejayan, Perumnas I, II dan V Condong Catur Serta Minomartani II dan III bertujuan untuk mensosialisasikan Program Pembinaan Guru oleh Tim SD Mitra untuk diimplementasikan secara nyata dalam kegiatan PBM di kelas untuk Matematika dan IPA.
Metode pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan kegiatan sarasehan pad a tahun 1998 untuk identifikasi permasalahan dengan prioritas siswa kelas IV, V dan VI yang ditindaklanjuti dengan perencanaan program untuk mengatasi permasalahan yaitu peningkatan prestasi belajar siswa dengan cara Ulangan Umum Bersama (UUB) bagi semua siswa kelas VI SD Mitra yang dilakukan oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA yang di-EBTANAS-kan. Uji coba soal-soal yang disusun oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA bahan kelas IV, V dan VI, yang ditindaklanjuti dengan analisis hasil belajar dan altematifremidiasinya.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil tes UUB para siswa kelas VI SD Mitra untuk matematika nilai rata-ratanya adalah 58,51 dengan nilai terendah 20 dan tertinggi 98 dari kisaran nilai 0-100. Secara rinei nilai rata-rata matematika untuk bahan kelas IV adalah 64,55, kelas V adalah 59,11 dan kelas VI adalah 58,51. Adapun nilai IPA rata-rata 67,80 dengan nilai terendah 30 dan tertinggi 100 untuk kisaran nilai 0-100. Nilai IPA untuk bahan kelas IV rata-rata 64,85, bahan kelas V adalah69,70 sedangkan bahan kelas VI dengan nilai rata-rata 67,80. Hasil evaluasi pelaksanaan program UUB SD Mitra tersebut tampak mengisyaratkanperlunya remediasi bagi beberapa siswa yang belum berhasil dengan baik, untuk itu maka diperkenalkan alternatifremediasinya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)