PENGEMBANGAN BANK SOAL DI SLTP DAN SMU PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Djemari Mardapi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Subali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharsimi Arikunto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan utama program  penerapan  IPTEKS  ini adalah untuk melatih  para guru agar memiliki  kemampuan   menyusun  butir­butir soal yang memenuhi  persyaratan   untuk  dimasukkan  ke dalam bank  soal,
Khalayak  sasaran  adalah  para guru SLTP dan SMU di Propinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  yang  diizinkan  oleh Kanwil Depdikbud   setempat  untuk  mengikuti   kegiatan  ini. Metode  yang  digunakan   meliputi  kegiatan   ceramah,   pelatihan   praktek terbimbing/tutorial,   dan kerja mandiri.
Soal yang disusun  dalam  pelatihan  pengembangan   bank soal ini adalah  untuk  seluruh  mata pelajaran  yang  diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L  Hasil pelatihan menunjukkan  bahwa para guru benar-benar  dapat ditingkatkan   kemampuannya dalam menyusun  kisi-kisi,  menyusun  dan menyunting  butir soal, merakit  soal, menganalisis   butir soal menggunakan   program ASCAL dan dimasukkan  ke dalam bank soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program  lTEMAN  dan menginterpretasikan hasilnya  untuk mengetahui  kekuatan  distraktor  rnasing-masing  butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran  diujikan  pada500 testi, hasilnya  menunjukkan   bahwa  presentasi  butir  soal yang  tidak  memenuhi  persyaratan   untuk  dimasukkan   ke dalam bank  soal berkisar   12% sampai  45%.  Hasil  pemantauan   di sekolah  menunjukkan   bahwa  pengalaman   yang  diperoleh   para petatar   benar-benar    ditularkan   kepada   guru  lain  di  sekolahnya   masing-masing    di  antaranya   ada  yang  melalui   kegiatan Musyawarah   Guru Mata Pelajaran  (MGMP).
Kata kunci: Bank Soal-  Menulis  Butir

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)