PENATARAN CNC DAN CAD-CAM BAGI DOSEN JURUSAN MESIN PERGURUAN TINGGI SWASTA SEJAWATENGAHDAN DAERAHISTIMEWA YOGYAKARTA

Faham Faham, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Djoemadi Djoemadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nuchron Nuchron, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dwi Rahdiyanta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang S, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Teknologi  manufakturing   yang  ada dewasa  ini teJah berkernbang  demikian  pesatnya.  Hal ini dapat  dilihat  dengan  adanya bentuk  integrasi  antara  tahapan  desain  (CAD)  dengan  perencanaan   produk  dan proses  dengan  menggunakan    mesin-mesin perkakas  CNC. Hal ini berarti  kemampuan   dalam  sistem produksi  permesinan  modern  tersebut  mutlak  diperlukan   oleh para dosen  khususnya   untuk  dosen  pada  Jurusan  Teknik  Mesin.
Tujuan dari pelatihan CNC dan CAD-CAM  ini adalah untuk menjembatani  dan mempersempit  kesenjangan  ilmu pengetahuan dan teknologi  khususnya  antara Perguruan  Tinggi  Swasta Jurusan  Teknik Mesin dengan  pihak industri  permesinan   khususnya yang berkaitan  sistem produksi  permesinan  modern  saat ini. Pelatihan  CNC dan CAD-CAM  bagi dosen-dosen   Jurusan  Teknik Mesin  pada  Perguruan   Tinggi  Swasta  di DIY dan Jawa Tengah  dilaksanakan   di laboratorium   CNC  dan CAD-CAM   ]urusan Pendidikan  Teknik Mesin FPTK IKIP Yogyakarta.  Mengingat  adanya keterbatasan  fasilitas dan dana, maka dalam pelaksanaan pelatihan  ini untuk setiap perguruan  tinggi swasta dibatasi  1 orang peserta.  Adapun jumlah  peserta  dalam pelatihan  ini adalah delapan  orang  dosen.  Pelatihan   dilaksanakan   dalam  dua bentuk  kegiatan,  yaitu  kegiatan  tatap muka  yang  dilaksanakan   dari tanggal23  September sampai 4 Oktober 1996 darijam  08.00 s.d. 16.00 WIB, dan kegiatan konsultasi (terstruktur) yang dilaksanakan dari  5 Oktober  sampai  dengan  4 Desember   1996, Adapun  materi  penataran   dapat  dikelompokkan   menjadi  dua, yaitu  CAD­ CAM dan pengoperasian   mesin  frais dan bubut  CNC.
Hasil kegiatan  pelatihan   CNC dan CAD-CAM  bagi dosen  Jurusan  Teknik  Mesin  pada  Perguruan   Tinggi  Swasta  di DIY dan Jawa  Tengah  cukup  memuaskan.   Hal ini dapat  dilihat  dari:  (1) tingginya  motivasi  para  peserta  untuk  dapat  menguasai materi  pelatihan,  (2) sebagian  besar peserta  peJatihan  telah  dapat menguasai  dasar-dasar   CNC  dan CAD-CAM   sebagaimanatelah ditargetkan   dalam pelatihan,   dan (3) adanya  keinginan  para peserta  pelatihan  untuk  mendapatkan   pelatihan   lanjutan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)