PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN DAN MENGANALISIS SOAL TES BAGI GURU SMP SE D.I. YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.5107Abstract
Menurut survei yang dilakukan Pusbangsijian Lemlit Universitas Negeri Yogyakarta tahun 1995 kemampuan guru SMP dalam menyusun dan menganalisis soal tes sang at rendah, Oleh karena itu Pusbangsijian merasa terpanggil untuk melakukan pelatihan dan pembinaan penyusunan dan analisis soal tes bagi guru SMP se D.1. Yogyakarta.Sesuai dengan permasalahannya, tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SMP dan menyusun dan menganalisis soal tes, baik soal tes bentuk uraian maupun bentuk objektif Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah pelatihan dan pembinaan. Selain metode ceramah dan diskusi, metode latihan dan pemberian tugas juga digunakan dalam pelatihan ini. Pada waktu-waktu tertentu. Tim pelatih mengunjungi seko1ah tempat peserta pelatihan mengajar. Dengan kunjungan ini Tim pelatih dapat memantau kegiaan peserta dan memberikan bantuan atau bimbingan bila peserta dan memberikan bantuan atau bimbingan bila peserta mengalami kesulitan dalam mempraktikkan menyusun dan menganalisis soal tes. Oleh karen a pelatihan ini juga pembinaan maka waktu pelatihan berlangsung selama tiga bulan.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah kemampuan guru dalam menyusun dan menganalisis soal tes meningkat. Hal ini terbukti dari soal tes meningkat. Hal ini terbukti dari soal tes yang mereka buat. Soal yang dibuat guru sudah mempunyai validitas isi yang cukup baik, artinya sampel soal sudah cukup mewakili materi yang telah diajarkan. Selanjutnya, hasil analisis soal tes secara teoritik (analisis konstruk) dari 10 soal yang diambil secara acak hanya ada 18 dari 250 butir soal at au sekitar 7% butir soal yang pokok soalnya masih memerlukan perbaikan. Apabila dilihat dari alternatif jawaban, jumlah butir yang memiliki jawaban kurang memenuhi syarat ada 18 atau sekitar 7%. Setelah dicermati, ternyata tidak ada butir yang memiliki kesalahan ganda maka dapat dikatakan bahwa jumlah butir yang masih memerlukan pembenahan ada 36 butir atau sekitar 14% dari keseluruhan butir. lni berarti bahwa jumlah butir yang memenuhi syarat ada 86% . Jumlah butir yang baik akan menurun manakala dilihat dari analisis secara empirik. Dari 250 butir seal, hanya ada 109 at au sekitar 43,6% yang baik. Kesalahan yang sangat mencolok adalah tingkat kesulitan soal, yakni soal terlalu sulit bagi siswa. Selanjutnya dilihat dari kemampuan menganalisis soal tes, kemampuan peserta juga meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis yang mereka buat. Sewaktu mengerjakan tugas menganalisis soal tes, peserta dibagi menjadi tujuh kelompok. Dari tujuh kelompok, hanya satu kelompok yang belum selesai. Setelah disampel tiga untuk ditampilkan, ternyata semuanya benar. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa cara pelatihan dan pembina an seperti ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan menganalisis soal tes. Oleh karenanya disarankan agar pelatihan dan pembinaan seperti ini diteruskan dan disebarluaskan agar lebih banyak guru yang mampu menyusun dan menganalisis soallebih baik,
Downloads
Published
2005-01-01
How to Cite
[1]
Kartowagiran, B. et al. 2005. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN DAN MENGANALISIS SOAL TES BAGI GURU SMP SE D.I. YOGYAKARTA. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan,Teknologi, dan Seni. 1, 1 (Jan. 2005). DOI:https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.5107.
Issue
Section
Articles
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraanas a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-NC-SA License.