PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN DAN MENGANALISIS SOAL TES BAGI GURU SMP SE D.I. YOGYAKARTA

Badrun Kartowagiran, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Djemari Mardapi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Subali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Menurut  survei  yang dilakukan  Pusbangsijian   Lemlit  Universitas   Negeri  Yogyakarta  tahun  1995 kemampuan   guru SMP dalam menyusun  dan menganalisis   soal tes sang at rendah,   Oleh karena  itu Pusbangsijian   merasa  terpanggil  untuk melakukan pelatihan  dan pembinaan   penyusunan   dan analisis  soal tes bagi guru  SMP se D.1. Yogyakarta.
Sesuai  dengan  permasalahannya,    tujuan  pelatihan  ini adalah  untuk meningkatkan   kemampuan   guru  SMP dan menyusun dan  menganalisis   soal  tes,  baik  soal  tes bentuk  uraian  maupun  bentuk  objektif     Metode  yang  digunakan   untuk  mencapai tujuan  ini adalah  pelatihan   dan pembinaan.    Selain  metode  ceramah  dan diskusi,  metode  latihan  dan  pemberian   tugas juga digunakan  dalam pelatihan  ini.  Pada waktu-waktu  tertentu. Tim pelatih mengunjungi  seko1ah tempat peserta  pelatihan mengajar. Dengan  kunjungan  ini Tim pelatih  dapat memantau  kegiaan  peserta  dan memberikan  bantuan  atau bimbingan  bila peserta  dan memberikan   bantuan  atau  bimbingan   bila  peserta  mengalami   kesulitan  dalam  mempraktikkan    menyusun   dan menganalisis soal tes.  Oleh   karen a pelatihan   ini juga  pembinaan   maka  waktu  pelatihan  berlangsung   selama  tiga  bulan.
Hasil  yang  diperoleh   dari  kegiatan  ini adalah  kemampuan   guru  dalam  menyusun  dan menganalisis   soal tes meningkat. Hal  ini  terbukti   dari  soal  tes  meningkat.     Hal  ini  terbukti   dari  soal  tes  yang  mereka  buat.  Soal  yang  dibuat  guru  sudah mempunyai  validitas  isi yang cukup baik, artinya  sampel  soal sudah cukup mewakili  materi yang telah diajarkan.   Selanjutnya, hasil analisis  soal tes secara  teoritik  (analisis  konstruk)  dari  10 soal yang diambil  secara  acak hanya ada  18 dari 250 butir soal at au sekitar  7% butir  soal yang pokok  soalnya  masih memerlukan   perbaikan.   Apabila  dilihat  dari alternatif  jawaban,  jumlah butir yang memiliki jawaban   kurang  memenuhi  syarat ada  18 atau sekitar  7%.  Setelah dicermati,  ternyata  tidak ada butir yang memiliki  kesalahan  ganda  maka  dapat  dikatakan  bahwa jumlah  butir  yang masih memerlukan   pembenahan   ada 36 butir  atau sekitar  14% dari keseluruhan   butir.   lni berarti  bahwa jumlah  butir yang  memenuhi  syarat  ada 86% .  Jumlah  butir  yang baik akan menurun  manakala  dilihat  dari analisis  secara  empirik.   Dari 250 butir seal, hanya ada  109 at au sekitar  43,6% yang baik. Kesalahan   yang  sangat  mencolok   adalah  tingkat  kesulitan   soal, yakni  soal terlalu  sulit bagi  siswa.   Selanjutnya   dilihat  dari kemampuan   menganalisis    soal  tes,  kemampuan   peserta  juga  meningkat.     Hal  ini  dapat  diketahui   dari  hasil  analisis  yang mereka  buat.  Sewaktu  mengerjakan   tugas menganalisis  soal tes, peserta  dibagi menjadi  tujuh kelompok.   Dari tujuh kelompok, hanya  satu kelompok  yang belum  selesai.   Setelah  disampel  tiga untuk  ditampilkan,   ternyata  semuanya  benar.   Dari hasil  ini dapat  disimpulkan   bahwa  cara  pelatihan   dan  pembina an seperti  ini ternyata  dapat  meningkatkan    kemampuan   guru  dalam menyusun   dan  menganalisis   soal tes.   Oleh  karenanya   disarankan   agar  pelatihan   dan pembinaan   seperti  ini diteruskan   dan disebarluaskan    agar lebih  banyak  guru yang  mampu  menyusun  dan menganalisis   soallebih   baik,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.5107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)