PELATIHAN PENINGKATAN PENGGUNAAN KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN ANAK TERHADAP GURU-GURU DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jumadi Jumadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Subaryanto Subaryanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarna Sumarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Insih Wilujeng, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


etiap SMU di Daerah Istimewa Yagyakarta,  baik SMlJ negeri maupun Swasta, telah memiliki komputer dalam jumlah

..,...,:c;ukup memadai. Tetapi pemanfaatannya  masih terbatas untuk keperluan adrninistrasi, Mengingat kemampuan  yang dimiliki rmputer, maka pemanfaatannya   dapat dikembangkan  untuk pembelajaran  anak di dalam kelas. Berbagai kemampuan  komputer

- -   a dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran anak jika para guru berkemampuan  dan terampil menggunakan komputer dan

z.embuat program serta benninat untuk mengembangkannya.

 

Tujuan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk (I) melatih para guru agar dapat menggunakan dan

- embuat program pembelajaran berbantuan komputer (CAl) yang sesuai dengan keperluannya, (2) menghasilkan program­

_  gram pembelajaran berbantuan komputer untuk beberapa pokok bahasan dari satu bidang studi, (3) melatih para guru

::JIUk dapat mengorganisir pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer di dalam kelas. Semuanya diharapkan dapat

-eningkatkan  prestasi belajar para siswa. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan  sosialisasi Universitas Negeri Yogyakarta

_:mg memiliki berbagai potensi untuk rnembantu para guru dalam menangani masalah pengajaran dan pendidikan pada

.znurnnya.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 17 (tujuh belas) orang guru SMU DIY dan dilaksanakan dan

3Ilggal 23 Oktober 1996 s.d. tanggaI 9 Nopember 1996 dan rata-rata dari pukul 08.00 s.d. pukul 15.00 di Laboratorium

:- omputer Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta  dan di Sekolah masing-masing peserta. Selama cegiatan berlangsung semua peserta berpartisipasi  sangat aktif sehingga para peserta merasakan ada peningkatan baik cetrampilan, pengetahuan.  maupun  kemampuan  yang berkaitan  dengan penggunaan  kornputer, pembuatan  program

_Jembelajaran  anak berbantuan komputer dan cara pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Selain itu

_. ga telah dihasilkan program pembelajaran untuk beberapa pokok bahasan dari satu bidang studi yang benar-benar dapat

 

 

 

diman fa atkan                                                                                   cepat.    Komputer     dengan    perangkat     lunak   dan pendukungnya    dapat  menambahkan,    memperbaiki,


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.5094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)