PEMAKNAAN KECANTIKAN SEBAGAI PUTIH JEPANG DALAM IKLAN SHINZUI BODY CLEANSER

Anggry Windasari, Dian Nuswantoro University, Indonesia
Amida Yusriana, Dian Nuswantoro University, Indonesia
Mutia Rahmi Pratiwi, Dian Nuswantoro University, Indonesia

Abstract


The Beauty Concept is changing from time to time, from the classic beauty that walks
in harmony with the nature to the subjectivity of postmodern beauty. Nevertheless,
the beauty standard is often constructed by the media by using certain type of models.
The problem is this one standard is applied into all over the world. Indonesia is no
exception. The Shinzui Body Cleanser’s advertisement is one of the advertisement
that construct this standard into consumer’s mind. This advertisement claims to be
made by Japanese nature’s extracts and identified beauty as Japanese woman’s white
skin. Thus, this research aims to know how the consumer’s reseption analysis towards
the concept of beauty in the Shinzui advertisement are. This research uses reception
analysis method by interviewing particular respondents. It uses the Encoding Decoding
Model by Stuart Hall. Based on the theory, the result shows there are three categories
in this advertisement. One person in the category of Dominant Hegemonic, one person
in the category of Negotiated Reading and two persons in the category of Oppositional
Reading.
Abstrak
Konsep kecantikan terus mengalami perubahan, dari kecantikan klasik yang senada
dengan alam hingga kecantikan postmodern yang begitu subyektif. Meskipun demikian,
standar kecantikan seringkali dikonstruksi oleh media melalui penggunaan model
– model perempuan dengan tipe tertentu. Yang menjadi persoalan adalah saat satu
standar kemudian digunakan di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia yang mengalami
pergeseran standar kecantikan. Iklan Shinzui Body Cleanser merupakan salah satu
iklan yang membangun konstruksi tersebut kepada target konsumen Indonesia. Iklan
ini menggunakan bahan – bahan alami Jepang dan berupaya mengidentikan kecantikan
sebagai kulit putih wanita Jepang. Maka penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana
analisis resepsi konsumen terhadap konsep kecantikan iklan Shinzui. Penelitian ini
menggunakan metode analisis resepsi dengan melakukan wawancara kepada responden
yang telah memenuhi kriteria tertentu. Teori yang digunakan adalah Teori Interpretasi
dan Negosiasi Makna oleh Stuart Hall. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori
resepsi dalam iklan Shinzui pada penonton. Satu orang dalam kategori Dominant
Hegemonic, satu orang dalam kategori Negotiated Reading dan dua orang dalam
kategori Oppositional Reading.


Keywords


Shinzui, The Standard of Beauty, Reception Analysis

Full Text:

Anggy dkk

References


Abdullah, Irwan. (2006). Studi Tubuh, Nalar dan Masyarakat: Perpektif Antropologi. Yogyakarta: Tici Press.

Barker, Chris. (2004). The Sage Dictionary of Cultural Studies. London: Sage Publication

Britton, Ann Marie. (2012). The Beauty Industry’s Influence on Woman in Society. University of New Hampshire Scholars’ Repository. Fall. Honors Theses.

Burhan, M Bungin. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana

Channey, David. (1996). Lifestyles. London: Routledge

Downing, John, Ali Mohammadi dan Annabela Sreberny

Mohammadi. (1990). Questioning The Media : A Critical Introduction. California : Sage Publication, Inc.

Hall, Stuart, (1981), Encoding/Decoding, dalam Stuart Hall, A. Lowe, dan Paul Willis (eds.), Culture, Media, Language, London: Hutchinson.

Jeffkins, Frank. (1996). Advertising (Periklanan). Jakarta: Airlangga

Kasiyan,. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogya: Ombak

Littlejohn, Stephen W and Karen A Foss. (2005). Theories of Human Communication. California: Sage Publication

McQuail, Denis. (2002). Teori Komunikasi Massa. London : Sage Publications.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : LkiS

Prabasmoro, Aquarini Priyatna. (2003). Becoming White: Representasi Ras, Kelas, Feminitas, dan Globalisasi dalam Iklan Sabun. Yogyakarta: Jalasutra

Sudiarta, I Wayan. (2006). Rekonstruksi Visual Konsep-Konsep Kecantikan Tradisional Wanita Bali dan Manifestasinya di Dalam Kehidupan Masyarakat Bali Masa Kini. Tesis S2. Program Studi Kajian Budaya. Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Winarni, Rina Wahyu. (2009). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan. Jakarta : Jurnal Deiksis Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Yulianto, Vissia Ita. (2007). Pesona Barat. Analisa Kritis Historis tentang Kesadaran Warna Kulit di Indonesia. Yogyakarta : Jalasutra

Sumber Internet:

Putihitushinzui.com. (2012). Shinzui Body Cleanser. diakses tanggal 12 Juni 2016.

Anonim. Dikutip dari https://educ5102.wikispaces.com/Cultural+Studies+(Hall) diunduh tanggal 31 Maret 2017 pukul 11.32 WIB

Bisniskeuangan.kompas.com. (2012). Top Brand Award Kategori Whitening Soap. diakses tanggal 12 Juni 2016.




DOI: https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.13614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anggry Windasari, Amida Yusriana, Mutia Rahmi Pratiwi

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

           

 

 Creative Commons License

Informasi by http://journal.uny.ac.id/index.php/informasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


View My Stats