Analisis kebutuhan evaluasi pembelajaran tari kreasi kelas IX di SMP Negeri 1 Sapuran

Iki Hayati, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Wahyu Lestari, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk kebutuhan evaluasi pembelajaran tari kreasi di SMP N 1 Sapuran yaitu tujuan evaluasi pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru seni budaya dalam mengajar, materi yang diberikan pada siswa, upaya yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran tetap aktif, dan mengetahui faktor-faktor penghambat proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan cara melakukan studi lapangan yaitu observasi ke sekolah SMP N 1 Sapuran kemudian mengumpulkan data dengan melakukan wawancara kepada guru seni budaya dan mengolah data tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi dilakukan dalam pembelajaran Tari Kreasi. Metode pemebelajaran menggunakan: metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas individu. Kendala kebutuhan pada keterbatasan jejaring internet dan kepemilikan kuota pada masa pandemi Covid-19.

 

Kata kunci: evaluasi pembelajaran, tari kreasi

 

Analysis of the needs of evaluation of dance creation learning in class IX of SMP Negeri 1 Sapuran

 

Abstract

This study aims to find out what is needed for the needs of evaluating creative dance learning at SMP N 1 Sapuran, namely the purpose of learning evaluation, the methods used by arts and culture teachers in teaching, the material given to students, the efforts made by the teacher to keep learning active and knowing the inhibiting factors of the learning process. The method used in this study is a qualitative research method, by conducting field studies, namely observations at the SMP N 1 Sapuran school, and then collecting data by conducting interviews with art and culture teachers and processing the data. The result of this research is the evaluation is carried out in the learning of Creative Dance. The learning method uses the lecture method, the question-and-answer method, and the method of giving individual assignments. Constraints on the need for internet network limitations and quota ownership during the Covid-19 pandemic.

 

Keywords: learning evaluation, creative dance

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 oleh guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk penanaman karakter bagi siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-print digital library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Deviana, T. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD tema bangga sebagai bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902

Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (2013). Pengertian Kurikulum 2013. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Rakanita Dyah Ayu K, M. (2013). Pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Batangan kabupaten Pati. Jurnal Seni Tari, 2(1), 15

Subandi, P. E. S. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57

Suwaji, S. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kreasi tari di kelas 8H SMP Negeri 1 Taman melalui metode drill. Jurnal Seni Tari, 3(1), 1–8.

TEMATIK. (n.d.).

Zaenal, A. (2016). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.46200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats