KENDALA PENCIPTAAN KARYA TARI OLEH MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesulitan mahasiswa dalam menciptakan karya
tari pada mata kuliah Koreografi III mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS, UNY.
Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip
Kuantitatip, sujek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester
ganjil tahun ajaran 2013/1014 berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY khususnya untuk mahasiswa yang
menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang
mengalami kesulitan dalam penciptaan karya tari pada mata kuliah koreografi III terletak pada
elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun
tingkat kesulitan dari kelima elemen tersebut cerita 2,08%, tema 2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46
%, dan musik 3,10 %. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kesulitan yang paling tinggi
terletak pada penentuan cerita.
tari pada mata kuliah Koreografi III mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS, UNY.
Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip
Kuantitatip, sujek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester
ganjil tahun ajaran 2013/1014 berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY khususnya untuk mahasiswa yang
menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang
mengalami kesulitan dalam penciptaan karya tari pada mata kuliah koreografi III terletak pada
elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun
tingkat kesulitan dari kelima elemen tersebut cerita 2,08%, tema 2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46
%, dan musik 3,10 %. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kesulitan yang paling tinggi
terletak pada penentuan cerita.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats