PENERAPAN MEDIA ANATOMI DALAM PENCIPTAAN PATUNG REALIS (KOP) BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SENI RUPA FBS UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan penerapan media
anatomi untuk peningkatan kemampuan mahasiswa Seni Rupa dalam penciptaan
seni patung realis, meliputi cara memilih bahan yang tepat, penggunaan peralatan
yang efesien, penguasaan teknik pembuatan, dan pemerkayaan metode
pembelajaran sehingga lebih variatif. Penelitian ini dilakukan di Studio/ruang
kelas seni patung pada Jurusan Pendidikan Seni Rupa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan
tersebut digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang
pembelajaran anatomi untuk peningkatan kemampuan mahasiswa Seni Rupa
dalam penciptaan seni patung realis. Metode kualitatif dipakai sebagai prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati. Pendekatan kualitatif ini
diarahkan pada individu secara menyeluruh dalam keutuhan kelas. Relevansi
pemilihan pendekatan ini adalah bahwa penelitian kualitatif pada prinsipnya
adalah mengamati perilaku orang dalam lingkungan kehidupannya, berinteraksi
dengan mereka, dan berusaha memahami aktivitas mereka dengan dunia
sekitarnya.
Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verifikasi sebagai suatu yang jalin-menjalin pada saat sebelum,
selama, dan sesudah pengumpulan data berlangsung. Hasil penelitian menunjukan
pelaksanaan pembelajaran menggunakan gambar anatomi untuk peningkatan
kemampuan mahasiswa Seni Rupa dalam penciptaan seni patung realis: (1).Cara
memilih bahan yang tepat; (2) Penggunaan peralatan yang efesien, yaitu alat
untuk mematung, yaitu sudip atau butsir; dan (3) Penguasaan teknik mematung
dengan menggunakan gambar anatomi yang benar dimulai dari global sampai
finishing. Hasilnya mahasiswa mampu membuat karya patung dengan anatomi
yang benar dan realis secara mandiri.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats