NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI INAI PADA UPACARA PERKAWINAN ADAT MELAYU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam tari Inai pada upacara perkawinan adat Melayu. Pendekatan ini adalah jenis kualitatif. Objek material penelitian ini adalah tari Inai, sedangkan objek formalnya adalah nilai pendidikan karakter. Subjek penelitian ini adalah pelatih tari Inai di Sanggar Megad Syah Alam. Instrumen utama di dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam melaksanakan penjaringan data, peneliti dipandu oleh panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tari Inai dapat dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu (1) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan Tuhan, (2) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan diri sendiri, (3) nilai pendidikan karakter hubungannya dengan sesama dan (4) nilai pendidikan hubungannya dengan kebangsaan.
Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, tari Inai, perkawinan Adat Melayu
Full Text:
PDFReferences
Asmani, J. M. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dewantara, K. H. 2004. Ki Hajar Dewantara (Bagian Pertama: Pendidikan). Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa Endraswara.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: PT Grasindo.
Malik. A. (2009). Telaah Budaya Corak dan Ragi Unggulan Kabupaten Lingga. Tanjungpinang.
Lickona, T. 2013. Educating for Character (Terjemahan). Bandung : Nusa Media.
Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviyanti, Siti Risa., Sutiyono, S. 2017. Bentuk, Perubahan Fungsi, dan Nilai-nilai Edukatif pada Musik Tari Japin Tahlul di Amuntai. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 15(1), 97-112.
Sutiyono. 2013. Penerapan Pendidikan Budi Pekerti sebagai Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter 3, 309-320.
Sutiyono. 2014. Developing Humanism Through the Teaching and Learning of Traditional Arts in Indonesia. Asian Journal of Management Sciences & Education, 3(2), 49-56.
Thalib, M. I. 2009. Tata Cara Adat Perkawinan Melayu Di Daik Lingga. Pekanbaru. Unri Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v18i1.31641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats