PENGEMBANGAN KREATIFITAS DAN INOVASI PENCIPTAAN KARYA TARI DENGAN METODE LABORATORIUM TARI (STUDI KASUS: YAYASAN SENI DUTA SANTARINA BATAM)

Mega Lestari Silalahi, Universal University Batam, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan formula alternatif baru pengembangan kreativitas dalam penciptaan karya tari yang menjadi penopang bagi pengayaan ilmu dan pengalaman pada proses mencipta karya tari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, penelitian tindakan (Action Research) melalui metode Laboratorium Tari, dalam mengembangkan dan menghasilkan produk karya tari berdasarkan proses kreatifitas. Laboratorium Tari adalah program dan proses pencarian dan penemuan hasil kebaruan tari, berupa bentuk pelatihan dengan pengembangan skill, proses kreatif dan inovatif, serta eksekusi temuan dengan hasil pementasan karya dalam bentuk karya tari baru maupun pembaharuan dari karya sebelumnya yang telah dirancang oleh peneliti dengan model eksperimen yang dilakukan atau diciptakan oleh koreografer dan penari Duta Santarina.

Kata kunci: laboratorium tari, kreatifitas dan inovasi

 

DEVELOPMENT OF CREATIVITY AND INOVATION TO CREATE DANCE WITH DANCE LABORATORY METHOD

(CASE STUDY: YAYASAN SENI DUTA SANTARINA BATAM)

Abstract

This research is a new alternative formulation to develop creativity in dance creation which plays as the foundation of the process. The method is qualitative approach, Action Research through Dance Laboratory method, in developing and producing the dance work based on creativity process. Dance Laboratory is a program and process of finding novelty of the dancing, in the form of training with skill development, creative and innovative process, and execution as a result of staging works in the form of new dance works and renewal of previous works which have been designed by researchers with experimental model performed or created by choreographer and dancer Duta Santarina.

Keywords: dance laboratory, creativity and innovation


Keywords


Tari

Full Text:

PDF

References


Ellfeldt, Lois (terjemahan Murgiyanto). 1997. Pedoman Dasar Penata Tari. Jakarta: Lembaga Kesenian Jakarta.

Hadi, Sumandiyo. 1996.Aspek-Aspek Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Manthili.

Hadi, Sumandiyo. 1983. Pengantar Kreativitas Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Hadi, Sumandiyo. 2011. Koreografi (Bentuk- Teknik-Isi). Yogyakarta: Cipta Media.

Hawkins, Alma (terjemahan Sumandiyo Hadi). 1990. Mencipta Lewat Tari (creating through dance). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Hawkins, Alma (terjemahan Sumandiyo Hadi). 2003. Bergerak Menurut Kata Hati: Metode Mencipta tari. Terjemahan I Wayan Dibia. Jakarta. Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Munandar. 1988. Kreativitas dan keberbakatan: strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Penerbit: Jakarta: PDII-LIPI and UNICEF

Murgiyanto, Sal. 1986. “Komposisi Tari”, dalam Edi Sedyawati (Ed.). Pengetahuan Elementer Tari dan Berbagai Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Smith ,Jacqueline. 1985. Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Terjemahan Ben Suharto. Yogyakarta: Ikalasti.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanti, Dewi. 2015. Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins Dalam Karya Tari Gundah Kancah. Jurnal Ekspresi Seni Vol.17 No.1, 41-56.

Ulivia. 2015. Proses Kreatif Penciptaan Karya Tari Parijhoto Sinangling Karya Eko Feriyanto. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta Vol.4 No.5.

Wardhana RM. Wisnoe. 1980. Aspek-Aspek Penciptaan Tari, dalam Tari: Tinjauan Dari Berbagai Segi, (Ed). Edi Sedyawati. Jakarta: Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v15i2.16029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats