IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA

Miftahuddin Miftahuddin, FIS UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengajaran akhlak dalam pembentukan karakter siswa (santri) dan cara penanaman ajaran Islam yang diduga sesuai dengan budaya dan nilai-nilai yang ingin dikembangkan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Pesantren Krapyak Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interviu, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengajaran di Pesantren Krapyak ini, baik secara formal maupun non-formal, semua mengarah kepada pembekalan santri atau siswa untuk memiliki akhlak Islami sesuai dengan nilai-nilai budaya yang pada dasarnya ingin dikembangkan di Indonesia. Materi yang terdapat dalam kitab kuning yang digunakan sebagai rujukan diketahui penuh dengan ajaran akhlak yang mulia atau karakter yang baik. Karakter disiplin, kerja keras, kebersamaan, kesederhanaan, kesabaran, toleransi, dan moderat adalah bagian dari ajaran kitab kuning dan tradisi yang telah berkembang di Pesantren Krapyak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.7681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter