DINAMIKA POLITIK PENGAMBILAN KEBIJAKAN PEMBENTUKAN DUA DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan latar belakang, dinamika politik yang terjadi dan implikasi politik yang ditimbulkan dalam pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul. Penelitian ini tergolong sebagai analisis kebijakan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui interview dan studi dokumen. Subjek penelitian ini terdiri atas pejabat-pejabat eksekutif di pemerintah daerah Kabupaten Bantul, pimpinan dan anggota DPRD Bantul dan kelompok- kelompok kepentingan di Kabupaten Bantul. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul memiliki latar belakang politis untuk memberikan perimbangan kekuasaan bidang pendidikan untuk ormas Islam Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, secara normatif adanya kewenangan bagi bupati pascaotonomi daerah untuk mengelola bidang pendidikan sesuai karakteristik, kebutuhan dan kemampuan daerah, dan secara fungsional rendahnya kinerja dinas pendidikan; (2) Dinamika politik dalam proses pembentukan dua dinas pendidikan di Kabupaten Bantul menunjukan bahwa kekuatan politik informal lebih dominan daripada kekuatan politik formal dalam memberikan pengaruh terhadap pengambilan kebijakan pembentukan dua dinas pendidikan; dan (3) Pembentukan dua dinas pendidikan menyebabkan berkembangnya budaya spoil system atau patronage system yang berimplikasi pengangkatan pejabat struktural di dua Dinas Pendidikan lebih karena pertimbangan faktor kesamaan golongan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hum.v18i2.3169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722
Indexed by:
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.