HUMANISASI DALAM NOVEL PEMIMPIN YANG “TUHAN” KARYA EMHA AINUN NADJIB

Helmi Nur Laily, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
Turahmat Turahmat, Universitas Islam Sultan Agung
Evi Chamalah, Universitas Islam Sultan Agung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek etika profetik, yakni humanisasi yang terdapat pada novel Pemimpin yang “Tuhan” karya Emha Ainun Nadjib. Penelitian ini berlandaskan pada teori sastra profetik Kuntowijoyo. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan dan menggambarkan gejala fenomena yang ada. Data yang digunakan berupa data kata, frasa, kalimat dalam kutipan yang memuat humanisasi dalam novel ini. Sumber data adalah novel Pemimpin Yang “Tuhan” karya Emha Ainun Najib. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Hasil klasifikasi etika profetik dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sastra ini berlandaskan pada terminologi-terminologi Islam dari alquran yang berjiwa transendental dan sufistik. Novel ini juga sarat dengan naura sastra profetik. Aspek humanisasi yang terkandung dalam novel tersebut ada sembilan, yaitu humanisasi dengan menyebarkan kasih sayang, humanisasi dengan menyelami kebijaksanaan, membangkitkan rasa percaya diri, toleransi, memperjuangkan tujuan pendidikan, menjaga keharmonisan, saling mengamankan, saling menyelamatkan, dan menyebarkan cinta kasih yang tercermin dalam 18 kutipan.

HUMANISM IN “PEMIMPIN YANG "TUHAN" “, A NOVEL BY EMHA AINUN NADJIB: A PROPHETIC LITERARY CRITICISM

This study examines aspects of prophetic ethics, namely humanization contains in a novel entitled “Pemimpin Yang “Tuhan” ”, writen by Emha Ainun Nadjib. The analysis done within this study was based on Kuntowijoyo's prophetic literary theory. The nature of this study is descriptive qualitative as it describes the existed phenomena depicted in the novel. The data consisted of words, phrases, sentences as represented in quotes taken from the novel through in-depth reading and note taking techniques. The classification of prophetic ethics resulted that this piece of literature was mainly based on Islamic terminologies taken from the Holy Qur'an which has a transcendental and sufistic spirits. This novel is also heavily loaded with prophetic literature. There are nine aspects of humanization contained in the novel namely humanization by spreading  loves, nurturing wisdom, building self-confidence, being tolerance, striving for education, maintaining harmony, protecting and saving others, and  dispersing devotion to all living beings – all were reflected throughout the 18 quotes.


Keywords


humanisasi, etika profetik, novel

References


Buthy, D. M. (1999). Sirah nabawiyah. Jakarta Timur: Robbani Press.

Gutek, G. L. (1988). Philosophical and ideological perspectives on education. New Gersey: Prentice Hall.

Hasani, S. (2004). Semangat dan ghairah orang - orang beriman. Surabaya: Risalah Gusti.

Hawkins, P. D. (1995). Power vs force. Bali: Pustaka Bentara.

'Isa, A. (2009). Syarah lum'atul i'tiqad.Yogjakarta: Media Hidayah.

Kuntowijoyo. (2006). Maklumat Sastra profetik. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Nadjib, E. A. (2018). Pemimpin yang Tuhan. Bandung: Mizan Media Utama.

Idris, S., & Tabrani, Z. A. (2017). Realitas konsep pendidikan humanisme dalam konteks pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96-113.

Syafe'i, I. (2009). Manusia ilmu dan agama: Sebuah pendekatan konseptual dan kontektual. Jakarta: Quantum Press.

Efendi, A. (2012). Realitas profetik dalam novel ketika cinta bertasbih karya Habiburrahman El-Shirazy. LITERA, 11(1).

Qodir, Z. (2015). Kuntowijoyo dan kebudayaan profetik. Profetika Jurnal Studi Islam, 16(1), 103-113.

Rifai, A. (2009). Sastra profetik Kuntowijoyo. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 111. https://doi.org/10.14421/ajbs.2009.08106

Trianton, T. (2013). Estetika profetik Ahmad Tohari dalam khazanah budaya cablaka. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 11(2), 211-226.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.27631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter