IDENTIFIKASI PEMBENTUKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI CARA MEMILIH PRODUK PADA ANAK USIA DINI DI DIY

Anang Priyanto, FIS UNY
Pratiwi Wahyu Widiarti, FIS UNY
M. Lies Endarwati, FE UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) upaya-upaya yang telah dilakukan orangtua dalam mencintai produk Indonesia pada anak usia dini, dan 2) model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini.Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan populasi penelitian adalah keluarga yang mempunyai anak usia sampai dengan 6 tahun sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel penelitian menggunakan multistage sampling. Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya yang paling banyak dilakukan orang tua kepada anak untuk mencintai produk Indonesia dengan cara mengenalkan budaya Indonesia (55,07%).Upaya paling banyak dilakukan orang tua untuk mengenalkan kepada anak produk Indonesia dengan cara menggunakan atau memakai produk Indonesia (68,12%). 2) Ditemukan model pendidikan kebangsaan kepada anak usia dini dalam bentuk:(a) ToT untuk guru tentang bagaimana mendampingi anak dalam memilih produk dalam negeri. (b) Pelatihan dan pendampingan untuk orangtua untuk memperkenalkan bagaimana cinta produk dalam negeri.(c) Penyusunan modul pembelajaran kepada anak dalam memilih produk Indonesia



DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.14910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter