Pendekatan holistik dalam pendidikan: Membangun akademisi unggul dan berkarakter
Suparlan Suparlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Widiyanto Widiyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanan perkuliahan Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) semester genap 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey. Responden penelitian adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diambil adalah mahasiswa S1 yang mengambil mata kuliah MKWK pada semester genap pada tahun ajaran 2023/204. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan penilaian positif terkait kejelasan penyampaian tujuan, ruang lingkup materi dan kebermaknaan mata kuliah terhadap kompetensi lulusan. Sebanyak 50% mahasiswa menilai tujuan perkuliahan disampaikan dengan sangat jelas, dan 52% merasa bahwa mata kuliah MKWK relevan dengan kompetensi yang akan dikuasai. Selain itu, integrasi nilai karakter dalam pembelajaran juga mendapat respons positif sebanyak 50% mahasiswa menilai dosen berhasil mengedukasi mereka mengenai nilai karakter. Pembelajaran berbasis proyek di mata kuliah ini terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan, kreativitas, dan berpikir kritis mahasiswa, didukung oleh umpan balik yang konstruktif. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan untuk membentuk mahasiswa yang unggul secara akademis dan memiliki karakter yang baik dalam berkontribusi pada masyarakat.
This study aims to evaluate the implementation of the Mandatory Curriculum Course (Mata Kuliah Wajib Kurikulum, MKWK) even in the semester of 2023/2024. The research method used is quantitative with a survey research design. The research respondents were undergraduate students of Yogyakarta State University. The sampling technique was purposive sampling. The samples taken were undergraduate students who took MKWK courses in the eighth semester of the 2023/204 academic year. The results showed that most students gave a positive assessment regarding the clarity of the delivery of objectives, the material's scope and the course's meaningfulness to the graduates' competence. As many as 50% of students assessed that the lecture objectives were delivered very clearly, and 52% felt that the MKWK course was relevant to the competencies to be mastered. In addition, integrating character values in learning also received a positive response, as 50% of students assessed that lecturers succeeded in educating them about character values. Project-based learning in this course proved effective in developing students' skills, creativity and critical thinking, supported by constructive feedback. This research emphasises the importance of a holistic approach in education to form students who excel academically and have good character in contributing to society.
Keywords
References
Azharotunnafi, A. (2020). Penanaman karakter berbasis nilai keagamaan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Socius, 9(2), 115. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8763
Budiharjo & Setiawan, B. (2015). Rancang bangun pendidikan nasional (Catatan untuk Indonesia berkemajuan). Samudra Biru.
Chanifah, N. (2019). Strategi implementasi model pendidikan karakter dalam pembelajaran agama islam di fakultas hukum universitas brawijaya. Sebatik, 23(2), 646–653. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.822
Diputra, S. (2018). Analisis kemampuan guru melaksanakan pembelajaran tematik terintegrasi pendidikan karakter. International Journal of Elementary Education, 2(2), 138. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14416
Hudaa, S., Bahtiar, A., & Nuryani, N. (2020). Pemanfaatan teknologi untuk pengajaran bahasa indonesia di tengah pandemi covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 384. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2361
Setiawan, A. K. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran berbasis interkultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1447
Setiawan, B. (2018). Ilmuwan sosial berkarakter untuk Indonesia berkemajuan. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 18(2), 81-91. https://doi.org/10.21831/hum.v18i2.29236
Kemendikbudristek. (2022). Kepmendikbudristek nomor 56 tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Jakarta.
Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 41. https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63
Marzuki, M., Zuchdi, D., Hajaroh, M., Imtihan, N., & Wellyana, W. (2019). Evaluating the implementation of character education program in university. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2), 276–290. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.25058
Rohmad, & Sarah, S. (2021). Pengembangan instrumen angket.
Suciptaningsih, O. A. (2017). Implementasi model pengelolaan kurikulum pendidikan karakter integratif di universitas pgri semarang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1). https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2602
Suharijono, N. M., Setyantoro, D., & Wijaya, A. P. (2022). Pengaruh virtual meeting dalam efektivitas pembelajaran dimasa pandemi. Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 6(2), 48–52. https://doi.org/10.55886/infokom.v6i2.505
Supratman. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media dvd 6m terhadap kemampuan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam pengelolaan lingkungan pada mata pelajaran biologi siswa sman sumbawa. Tesis. Program Pascasarjana UM.
Susani, Y. P., Sari, D. P., Widiastuti, I. A. E., & Lestari, R. (2017). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap lingkungan belajar, ketersediaan kasus dan umpan balik terhadap kompetensi mahasiswa tahap profesi fk unram. Unram Medical Journal, 6(1). https://doi.org/10.29303/jku.v6i1.34
Syofyan, H., Susanto, R., Setiyati, R., Vebryanti, V., Ramadhanti, D., Mentari, I., Ratih, R., Dwiyanti, K., Oktavia, H., & Tesaniloka, M. (2020). Peningkatan penguatan pendidikan karakter siswa melalui pemberdayaan kompetensi sosial dan kepribadian guru. International Journal of Community Service Learning, 4(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29840
Taruna, M., Vincent, A., Sunandi, N. M., & Paningali, T. H. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap kegiatan kebudayaan mahasiswa dalam lingkungan perguruan tinggi di indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 592–601. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1947
Wati, I. F., Yuniawatika, Y. Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan terhadap bahan ajar game based learning terintegrasi karakter kreatif. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31880
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v25i1.84105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novita Sari, Suparlan Suparlan, Widiyanto Widiyanto
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.