MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER

Suparlan Suparlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Pendidikan karakter merupakan keniscayaan, karena terbukti mampu
mengantarkan kesuksesan akademik dan kehidupan, mampu membantu
mempersiapkan anak menghadapi tantangan hidu, mampu membantu mendorong tingkah laku baik, memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter menjadi mendesak untuk diterapkan disemua aspek pendidikan karena melihat realitas manusia yang sudah semakin jauh dari nilai - nilai kebenaran. Pendidikan karakter adalah ditujukan untuk membangun nilai, sikap dan prilaku anak didik secara konsisten, sehingga prilaku anak didik senantiasa dengan ikhlas istiqomah dengan prilaku baik dalam situasi dan kondisi apapun. Model pendidikan karakter yang dikembangkan adalah model pendidikan keterpaduan yang mengoptimalkan seluruh komponen keluarga baik keluarga, sekolah, dan masyarakat, dan penendiikan yang mengintegrasikan pengoptimalan potensi hati, akal, jiwa, fisik anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats