Manajemen pembelajaran fikih bagi siswa berlatar belakang Nahdlatul Ulama di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan Kabupaten Sleman Yogyakarta

Ahmad Haidar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pembelajaran fikih di institusi pendidikan Muhammadiyah dengan latar belakang keagamaan siswa yang berbeda selalu menarik untuk dibicarakan dari dulu sampai sekarang, karena pembelajaran dengan kondisi tersebut selalu mengalami iklim yang dinamis dalam sarana prasarana, metode pembelajaran dan semua penunjang lainnya. Selain itu, ada juga sisi penting yang menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam pembelajaran fikih. Salah satu hal yang penting itu adalah manajemen pembelajaran fikih. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian yang membahas tentang manajemen pembelajaran fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran fikih di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, (2) untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pengelolaan pembelajaran fikih bagi siswa berlatar Muhammadiyah dan siswa berlatar belakang Nahdlatul Ulama di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang di hadapi dalam pembelajaran fikih di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sistem studi deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah tersebut sudah menerapkan  prinsip-prinsip manajemen pembelajaran, baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada prinsipnya manajemen yang ada di sekolah sudah digunakan sesuai dengan ketentuan Majelis Dikdsmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Learning fiqh in Muhammadiyah educational institutions with different religious backgrounds of students is always interesting to talk about from the past until now, because learning with these conditions always experiences a dynamic climate in infrastructure, learning methods and all other supports. In addition, there is also an important side that becomes one of the determinants of success in learning fiqh. One of the important things is the management of fiqh learning. Therefore, the author conducts research that discusses the management of learning fiqh. The objectives of this study are (1) to determine the management of learning fiqh at Muhammadiyah 1 Moyudan Junior High School, (2) to determine the similarities and differences in the management of learning fiqh for students with Muhammadiyah background and students with Nahdlatul Ulama background at Muhammadiyah 1 Moyudan Junior High School, (3) to determine the obstacles faced in learning fiqh at Muhammadiyah 1 Moyudan Junior High School. This research uses qualitative method with descriptive study system. The result of this research is that the school has implemented the principles of learning management, both from learning planning, learning implementation and learning evaluation. In principle, the management in the school has been used in accordance with the provisions of the Muhammadiyah Central Board of Education.


Keywords


Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Fikih, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. R. (2008). Amaliyah Sunnah yang dinilai Bid'ah.

Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2017). Kurikulum pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab 2017 untuk SMP. Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2017. Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA).

Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88-99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212.

Memon, N. (2011). What Islamic school teachers want: Towards developing an Islamic teacher education programme. British Journal of Religious Education, 33(3), 285-298. https://doi.org/10.1080/01416200.2011.595912.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Nurhadi, N. (2018). Formulasi fiqh Muhammadiyah dalam paradigma Islam berkemajuan. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 1(1), 1-23. https://doi.org/10.24853/ma.1.1.1-23.

Nurkhamidi, A., Khuzaiyah, S., & Widodo, S. F. A. (2023). The impact of strengthening fiqh learning in the department of islamic education through integrating health sciences. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.59185.

Saputri, E. R. I., Hendrowibowo, L., Sholikhah, E., Raharjo, A. S., & Sidik, F. (2023). Praktik transformasi kompetensi guru dalam menjawab kebutuhan siswa menghadapi tantangan global (Studi kasus sekolah Taman Kanak-kanak di Kulonprogo). Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(1), 81-90. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.59258.

Terry, G. R. (2021). Dasar-dasar manajemen edisi revisi. Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wawancara dengan Kepala Sekolah, 14 Juli 2021.

Wawancara dengan guru Fiqh, 14 Juli 2021.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.72286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Haidar

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats