Assessment as, for, of learning pembelajaran pendidikan agama Islam tingkat menengah atas

Amalia Nurlitasari, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Tasman Hamami, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui konsep dan bentuk pengembangan asesmen Pendidikan Agama Islam (PAI) dari ketiga pendekatan penilaian di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian berupa penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan Asseissmeint of Leiarning (AoL) disebut sebagai penilaian sumatif yang berbentuk penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan ujian sekolah. Materi PAI di tingkat menengah atas yaitu Alquran, aqidah, akhlaq, fiqh/ibadah, dan Tarikh. AfL disebut penilaian psikomotor yang berorientasi pada kemampuan mempraktekkan ajaran agama seperti praktek haji, praktek menghitung zakat, praktek mengurus jenazah, hingga praktek menghitung harta waris sholat. Asseissmeint as Leiarning (AaL), terletak pada cara penilaian yang mana peserta didik ikut berpartisipasi dalam penilaian mulai dari prosedur, kriteria, hingga pembuatan pedoman atau rubrik seperti Self Assessment (Penilaian Diri), Peer Assessment (Penilaian Antar Teman). AaL bergerak di ranah afektif dalam pembelajaran PAI yang berkaitan dengan sikap, bakat, minat, nilai-nilai serta penghargaan.

The purpose of this study is to determine the concept and form of development of Islamic Religious Education (PAI) assessment from the three assessment approaches in Senior High School (SMA). The research method is library research. The results showed that the assessment of Learning (AoL) is referred to as summative assessment in the form of mid-semester assessment, end-of-semester assessment, and school exams. PAI materials at the upper secondary level are the Qur'an, aqidah, akhlaq, fiqh/worship, and Tarikh. AfL is called psychomotor assessment which is oriented towards the ability to practice religious teachings such as the practice of Hajj, the practice of calculating zakat, the practice of taking care of the dead, and the practice of calculating the inheritance of prayer. Assessment as Learning (AaL), lies in the way of assessment in which learners participate in the assessment starting from procedures, criteria, to making guidelines or rubrics such as Self-Assessment, Peer Assessment. AaL moves in the affective domain in PAI learning related to attitudes, talents, interests, values and appreciation.

 


Keywords


Pendekatan; Asesmen; Pendidikan Agama Islam (PAI); Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Anwar, K. (2021). URGENSI EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183

Arifin, Z. (2006). KONSEP GURU TENTANG EVALUASI DAN APLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM :Penelitian Kualitatif-Naturalistik Di Sekolah Dasar Negeri Ciujung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Revisi, Cet. Ke-8). Bumi Aksara.

Barokah, M. (2019). Manajemen penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas X semester ganjil di SMA Negri 2 Pontianak tahun pelajaran 2017/ 2018. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).

Fakhrurrozi, H. (2019). STANDAR PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.37

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2).

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2). https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Prihantoro, A. (2021). TIGA PARADIGMA EVALUASI PENDIDIKAN: SEBUAH PETA PERKEMBANGAN. Academy of Education Journal, 12(1), 22–38. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.430

Ratnawati, D. A. (2013). PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). PENILAIAN RANAH AFEKTIF DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA SIKAP UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Saftari, Maya, N. F. (2019). ASSESSMENT OF AFFECTIVE DOMAIN IN ATTITUDE SCALE STMIK Atma Luhur , Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1).

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 1).

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills, Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Pedagogika, 2.

Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah, 1(1).

Subehi, R., & Sriyanto, S. (2021). Implementasi Assessment Of, For, dan As Learning dalam Pembelajaran Daring PAI di SMPN 8 Purwokerto. Alhamra Jurnal Studi Islam, 2(2). https://doi.org/10.30595/ajsi.v2i2.10632

Sudiyanto, S., Kartowagiran, B., & Muhyadi, M. (2015). PENGEMBANGAN MODEL ASSESSMENT AS LEARNING PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5579

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In Penilaian dan Hasil Belajar Mengajar.

Tamrin, T., & Munawaroh, F. (2019). Teknik dan Instrumen Assessmen Ranah Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.20

Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384

Taufik, A., & Halimah, I. (2019). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK. In Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Indonesia.

Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers and Education, 163. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097

Zainal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 03.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.61406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amalia Nurlitasari, Tasman Hamami

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats