Pengaruh kesiapan belajar mahasiswa di masa pascapandemi terhadap kondisi pembelajaran di kelas

Salamah Salamah, Universitas Brawijaya, Indonesia
Wakhidatus Salma, Universitas Brawijaya, Indonesia
Machrus Abadi, Universitas Brawijaya, Indonesia

Abstract


Peralihan situasi pembelajaran dari masa pandemi Covid-19 yang mengusung konsep daring dengan pembelajaran pascapandemi yang kembali pada pembelajaran luring menimbulkan adanya distraksi dalam kesiapan belajar. Adapun penelitian ini bertujuan menguraikan beberapa topik permasalahan di antaranya yaitu (1) kondisi kesiapan belajar mahasiswa di masa pascapandemi; (2) pengaruh kesiapan belajar mahasiswa terhadap kondisi pembelajaran di kelas; (3) alternatif solusi dalam meminimalisir permasalahan yang muncul. Melalui pendekatan campuran antara paradigma kualitatif dan kuantitatif digunakan instrumen kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan random sampling dan juga purposive sampling. Hasil yang didapatkan adalah lebih dari 50%  mahasiswa menunjukkan keraguan dalam beradaptasi, sulit mempersiapkan diri melaksanakan kelas luring, masih berusaha beradaptasi memahami materi, mahasiswa merasakan pengaruh dari ketidaksiapan belajar, keadaan kelas memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar, ketidaksiapan berasal dari faktor internal maupun eksternal. Kondisi kesiapan belajar menciptakan permasalahan, misalnya homesick menyebabkan mahasiswa kehilangan fokus dalam belajar, ketidaksiapan menyebabkan tugas yang diberikan dosen terasa berat dan keaktifan di kelas berkurang daripada saat kelas daring. Alternatif solusi masalah internal dosen mengevaluasi kepribadian mahasiswa dan memberikan tugas secara ideal, mahasiswa juga harus belajar beradaptasi dan mengatur waktu dengan baik. Adapun pada permasalahan eksternal dibutuhkan peran aktif pihak kampus dalam memperbaiki sarana-prasarana yang ada.

 

The transition of the learning situation from the Covid-19 pandemic to post-pandemic learning caused a distraction in learning readiness. This study aims to examine (1) the condition of student learning readiness in the post-pandemic; (2) the effect on the class; (3) alternative solutions to minimize the problems. Through a mixed approach between qualitative and quantitative paradigms, questionnaires and interviews were used. The sample used in this study was selected based on random and purposive sampling. The results are there are more than 50% students who show doubts, it is difficult to prepare themselves to carry out offline classes, they are still trying to adapt to understand the material, students feel the influence of learning unpreparedness, class conditions influence learning activities, unpreparedness comes from internal and external factors. Those conditions create problems, being homesick causes students to lose focus, unpreparedness causes assignments given by lecturers to feel heavy, and activity in class decreases compared to online classes. Alternative solutions to the lecturer's internal problems evaluate students' personalities and give assignments ideally, students must also learn to adapt and manage their time well. As for external problems, the active role of the campus is needed to improve existing facilities and infrastructure.


Keywords


pascapandemi; kesiapan belajar; mahasiswa; pembelajaran; alternatif solusi

Full Text:

PDF

References


Apriani, T., & Hidayat, S. (2022). Model Pembelajaran IPA Sebelum-Selama-Pasca Pandemi Covid-19 serta Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 59 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2).

Auliya, M. (2020). Pengaruh Aktivitas Kerja Sambil Kuliah terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Social Lanscape Journal, 1(1).

Daulay, N. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).

Dewi, R., & Marwan. (2019). Pengaruh Faktor Fisiologis, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAN 2 Painan. Jurnal Ecogen, 2(4).

Floristia, S., Andhika, S., & Alawiyah, T. (2020). Pengaruh Jarak Tempat Tinggal dengan Kampus terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa di Kelas. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1).

Indriyani, R. (2014). Pengaruh Asal Sekolah dan Tempat Tinggal terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Universitas Wiraja Sumenep. Thesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Kartika, S., Husni, dan Millah. S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1).

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal HISTORIS, 6(1).

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3).

Mendari, A. S & Kewal, S. S. (2015). Motivasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Universitas Indonesia, penerjemah). Jakarta: UI Press. Terjemahan dari: Sage Publications.

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ta’dibi, 4(2).

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1).

Muslimah, Maulidiyanah, H., Maula, I., Sochibi, L., Widiya N., Andryani, R., Sugihartini, R. S., Sunani, & Alawiyah, T. (2022). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di RA Darul Qur’an Desa Megu Gede Kabupaten Cirebon. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1).

Nur, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di MTs Negeri 1 Makassar. Jurnal Educandum, 8(1).

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ekstrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Rachman, A., & Sari, N. P. (2019). Pengaruh Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri terhadap Aktualisasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 5(1).

Ramadhan, I., Manisah, A., Anggraini, D. A., Maulida, D., Sana, & Hafiza, N. (2020). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2).

Rionga, L. A., Mayasari., & Alwi, M. (2021). Perencanaan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di MTS Jami’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Prosiding Fakultas Agama Islam. Universitas Dharmawangsa.

Ristiyani, E., & Bahriah. E. S. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1).

Salim, A. (2022). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien Sumberejo Troso Klaten. EL HAYAH: Jurnal Studi Islam, 12(1).

Sulistiono, A. (2015). Pengaruh Kepribadian Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Gondang pada Pembelajaran Matematikan. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tampubolon, B. (2020). Motivasi dan Tingkat Belajar Mandiri dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 5(2).

Wahdah, N. M. (2018). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MTs Darul Irfan Lebak Gempol Cipocok Jaya Kota Semarang). Thesis. Universitas Islam Negeri “SMH”. Banten.

Wahyuni, E, & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Ekstrovert dan Introvert terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Yuliana, D., Widiyaningsih, E., Saputra, A. A., & Rohsulina, P. (2022), Inovasi Metode Pembelajaran pada Masa Peralihan Pandemi Covid-19 di SMA Veteran 1 Sukoharjo. Jurnal Geografi: Geografi dan Pengajarannya, 20(1).

Zalsabella, M. P., et al. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Perasaan Tertekan pada Siswa Kelas Tujuh SMP saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2).

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Cetakan Kelima). Jakarta: Yayasan Obor.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.59957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salamah Salamah, Wakhidatus Salma, Machrus Abadi

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats