Analisis SWOT pembelajaran daring era pandemi covid-19 pada sekolah dasar
Rz. Ricky Satria Wiranata, STAI Terpadu Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui SWOT yaitu strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), threats (ancaman) dalam pembelajaran daring era pandemic covid-19 pada jenejang sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian library research yang mana menggunakan sumber data berupa buku, artikel atau jurnal. Hasil penelitian yaitu pada dimensi strengths (kekuatan) menjelaskan tentang motivasi dari guru dan orang tua kepada peserta didik, dukungan fasilitas penunjang pembelajaran (handphone, laptop, kuota), penggunaan aplikasi portal rumah belajar Kemendikbud, menambah keahlian dan kreativitas guru dan peserta didik, dan pelaksanaan program pendampingan belajar di rumah. Pada dimensi weakness (kelemahan) menjelaskan tentang tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran daring belum maksimal, kejenuhan peserta didik dengan kegiatan monoton, kurangnya waktu interaksi peserta didik dengan guru, kurangnya pengawasan dari orang tua pada anak, minimnya tingkat literasi digital. Pada dimensi opportunity (peluang) menjelaskan tentang pengembangan wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi guru dan peserta didik, meningkatkan kerja sama antara orang tua dan guru. Pada dimensi threats (ancaman) menjelaskan tentang penyediaan kuota internet dan biaya pembelajaran daring, jaringan internet yang kurang stabil, minimnya fasilitas pendukung berupa handphone atau laptop, kesehatan dan ketahanan tubuh.
This study aims to determine SWOT, strengths, weaknesses, opportunities, threats in online learning in the era of the covid-19 pandemic at the elementary school. This research uses a library research which uses data sources in the form of books, articles or journals. The results of the study are on the strengths dimension explaining the motivation of teachers and parents to students, support for learning support facilities (mobile phones, laptops, quotas), the use of the Ministry of Education and Culture's home learning portal application, increasing the skills and creativity of teachers and students, and implementing mentoring programs. study at home. The weakness dimension explains the level of student discipline in online learning is not maximized, student saturation with monotonous activities, lack of interaction time between students and teachers, lack of parental supervision of children, lack of digital literacy levels. The opportunity dimension describes the development of insight, knowledge and skills for teachers and students, increasing cooperation between parents and teachers. The threats dimension describes the provision of internet quota and online learning costs, unstable internet network, lack of supporting facilities in the form of mobile phones or laptops, health and body resistance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, L. N. & R. M. (2020). Efektivitas bisnis startup digital PT. Jojo Nomic Indonesia dalam nilai keuntungan dan ibadah era covid-19. In JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.30587/JRE.V3I2.1423
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran daring di sekolah dasar negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/JOE.V1I2.18
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/J.JS.2020.V10.I3.P282-289
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/JURNALLAMPUHYANG.V11I2.194
Aw, S. (2021). Evaluasi program sosialisasi vaksinasi covid-19 melalui media sosial. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(2), 99–112. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.43721
Bramastia, B. (2021). Penggunaan bantuan kuota belajar kemendikbud di masa pandemi. Epistema, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40367
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/JP.V2I1.84
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V2I1.89
Hadi, A. (2013). Konsep analisis swot dalam peningkatan mutu lembaga madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 143–158. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.494
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid- 19 pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V6I1.120
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.770
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar terdampak covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/ABDIPRAJA.V1I1.3209
Hasanah, N., Sobry, M., & Anggraini, E. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi dalam perspektif strengt, weakness, opportunities, threats (swot): Studi Di SD NEGERI 42 AMPENAN. Ẽl-Midad : Jurnal PGMI, 13(1), 15–27. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/3368
Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. Al, & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120
Ismail, M. I., & Tang, A. (2021). Karakteristik kepemimpinan nabi musa dalam Alquran. JURNAL IDAARAH, 5(1), 114–127. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9144
Nurkholis, N. (2020). Dampak pandemi novel-corona virus disiase (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/JPS.V6I1.1035
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.460
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/ESJURNAL.V7I2.768
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/JPM.V2I1.732
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan portal rumah belajar kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.25078/aw.v5i1.1306
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.47092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Diningrum Citraningsih, Rz. Ricky Satria Wiranata
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.