Nilai-nilai karakter peristiwa Isra Mi’raj dalam pendidikan agama Islam di Indonesia

Fungki Febiantoni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Isra Mi’raj menjadi momentum untuk bangkit dari krisis multidimensional terutama dalam pembentukan nilai karakter pada realitas sosial dan individu. Hal ini dikarenakan peristiwa Isra Miraj mempunyai dua nilai, yaitu nilai sosial dan spiritual. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam peristiwa Isra Mi’raj dan untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai karakter peristiwa Isra’ Miraj dalam pendidikan agama Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah adanya nilai sosial dan spiritual dalam peristiwa Isra Mi’raj, dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam yakni dalam hal tujuan pendidikan agama Islam; pendidik; peserta didik; materi; dan media pembelajaran agar menerapkan nilai-nilai karakter dalam peristawa Isra dan Mi’raj dalam pengimplementasiaannya.

Isra Mi'raj is a momentum to rise from a multidimensional crisis, especially in the formation of character values in social and individual realities. This is because the Isra Miraj event has two values, namely social and spiritual values. The purpose of this article is to describe the character values contained in the Isra Mi'raj event and to describe the relevance of the character values of the Isra' Miraj incident in Islamic religious education in Indonesia. This research is a qualitative research that emphasizes literature review. The results of this study are the existence of social and spiritual values in the Isra Mi'raj incident, and their relevance to Islamic religious education, namely in terms of the objectives of Islamic religious education; educator; learners; theory; and learning media to apply character values in the Isra and Mi'raj events in their implementation.


Keywords


nilai karakter, isra mi’raj, pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2009). Filsafat pendidikan Islam: Sebuah gagasan membangun pendidikan Islam. Teras.

Achmad, F & Ivonia. (2018). Studi analitis peristiwa isra'mi'raj nabi Muhammad SAW dalam pendekatan sains. Momentum, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Keagamaan. 7(1), 159-184.

Celina, F. M., & Suprapto, N. (2020). Study of relativity theory of Einstein: The story of Ashabul Kahf and Isra’Mi’raj. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(3), 118-126. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i3.48

Nawawi, H. H. (2005). Metode penelitian bidang sosial. Gadjah Mada University Press.

Haraki, A. M. (2007). Misteri Isra’Mi’raj. Diva

Haris, A. (2015). Tafsir tentang peristiwa Isra’ Mi‘Raj. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(1), 167-180. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i1.22

Hidayat, M., & Setia, K. (2015). Nilai–nilai pendidikan pada peristiwa Isra Mi’raj. Fikiran Masyarakat, 3(2), 113-132.

Iqbal, M. (2013). The reconstruction of religious thought in Islam. Stanford University Press.

Istiqomah, H., & Sholeh, M. I. (2020). The Concept of Buraq in the Events of Isra’Mi'raj: Literature and Physics Perspective. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(1), 53-68. DOI: 10.29240/ajis.v5i1.1373.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. PT Rosdakarya.

Kuntowijoyo, (1993). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Mizan.

Mardali. (1995). Metode penelitian: Suatu pendekatan proposal. Bumi Aksara.

Minarti, S. (2013). Ilmu pendidikan Islam (Fakta teoritis-filosofis dan aplikatif normatif). Amzah.

Miswari, M., & Fahmi, D. (2019). Historitas dan rasionalitas Isra’Mi’raj. At-Tafkir, 12(2), 152-167. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/135

Rohmat, M. (2011). Mengartikulasikan nilai pendidikan. Alfabeta.

Muntaqo, R., & Musfiah, A. (2018). Tradisi isra’mi’raj sebagai upaya pembentukan karakter generasi millenial. Jurnal Paramurobi, 1(2), 65-68.

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter. PT Bumi Aksara.

Mustikasari, I. P. (2021). Isra'Mi'raj perspektif Badi'Al-Zaman Said Nursi dan Relevansinya dalam pembaharuan Iman: Tela'ah ayat Isra'Mi'raj dalam Kulliyyat Rasail al-Nur (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Rahmati, R. (2020). The journey of Isra' and Mi'raj in Quran and science perspective. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 4(2), 323-336. http://dx.doi.org/10.22373/jar.v4i2.7587

Sadiman, S., & Karolina, A. (2017). Pendekatan saintific quantum dalam memahami perjalanan Isra’Nabi Muhammad SAW (Teori saintifik modulasi quantum Isra’). FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(2), 200-225. http://dx.doi.org/10.29240/jf.v2i2.326

Salahuddin, S. (2017). Isra’ Mi’raj studi analisis sejarah dalam pendidikan islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(3). 146-158.

Schimmel, A. (2012). Cahaya purnama kekasih tuhan: dan Muhammad adalah utusan Allah. Penerbit Mizan.

Sholikhin, K. M. (2013). Berlabuh di Sidratul Muntaha. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suprayogo, I. (2013). Pengembangan pendidikan karakter. UIN-Maliki Press.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani, (2017, Februari 28). “Makna Spiritual dari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW”. https://docs.google.com/document/d/13COlIDC926mGkWhVP_mUCAWNeCnLA8WGTlCo9ZvXtA/edit.

Yunita, Y. (2021). Peristiwa Isra'Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan pembelajarannya. Jurnal Dewantara, 11(01), 125-131.

Zakaria, A. (2019). Isra Mi’raj sebagai perjalanan religi: Studi analisis peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Menurut Al Qur’an dan Hadits. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 4(01), 99-112. http://dx.doi.org/10.30868/at.v4i01.428

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.43855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fungki Febiantoni

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats