MEMBANGUN KARAKTER TOLERAN- MILITAN MELALUI PENDIDIKAN INSPIRATIF
Abstract
Berbagai fenomena keterpurukan dalam berbagai bidang dan kekerasan yang terjadi pada akhir-akhir ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berada pada krisis karakter toleran-militan. Pengembangan karakter toleran-militan menjadi urgen dilakukan oleh dunia pendidikan. Salah satu strategi untuk membangun karakter toleran-militan adalah pendidikan inspiratif.
Pendidikan inspiratif akan menghasilkan inspirator yang membawa ilham bagi sesamanya untuk membangun sebuah dunia yang bermakna bagi hidup bersama. Pribadi yang inspiratif adalah pribadi yang dapat membawa sesamanya maju bersama, mekar bersama dengan kompetisi yang sehat, saling membangun dan mendukung.
Strategi pendidikan inspiratif dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang demokratis dan pembelajaran reflektif. Pembelajaran yang menggunakan paradigma pedagogi reflektif memiliki tiga unsur utama yaitu pengalaman, refleksi, dan aksi. Pembelajaran reflektif mensyaratkan adanya dialog dan sharing pengalaman.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hum.v11i1.20996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 L Andriani Purwastuti
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.