KESESUAIAN KOMPETENSI LULUSAN PRODI PENDIDIKAN TATA BOGA TERHADAP KKNI DAN BAHAN KAJIAN

Irdiana Windradini, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) digunakan sebagai bentuk pengembangan kurikulum sebagai bahan penyusun kompetensi lulusan dan bahan kajian menurut jenjang kualifikasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Tata Boga dengan KKNI, dan (2) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dengan bahan kajian Program Studi Pendidikan Tata Boga berdasarkan parameter sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. Metode penelitian adalah penelitian evaluatif. Sumber data adalah dokumen kurikulum Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Tata Boga dengan KKNI termasuk dalam kategori sangat sesuai, dan (2) tingkat kesesuaian kompetensi lulusan dengan bahan kajian pada parameter sikap dan penguasaan pengetahuan termasuk dalam kategori sesuai, sedangkan parameter keterampilan umum dan keterampilan khusus termasuk dalam kategori sangat sesuai.


Keywords


kompetensi lulusan, bahan kajian, KKNI

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, “Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional,” Jakarta, 2016.

I. Solikhah, “KKNI Dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes,” LINGUA, vol. 12, no. 1, pp. 1–22, 2015.

Kusminarto, “Implikasi KKNI Pada Kurikulum dan Pembelajaran Sains,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 2014, pp. 1–3.

D. Setiawan, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis KKNI dan Berwawasan Kebangsaan Sebagai Program Dukungan Pembangunan Berkelanjutan Di Bidang Pendidikan,” in Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 2016.

L. Larasati, A., Chisbiyah, L.A., & Hidayati, “Penerapan Focus Group Discussion untuk Mengevaluasi Kualitas Layanan Jurusan Teknologi Industri,” J. Teknol. dan Kejuru., vol. 36, no. 2, pp. 197–204, 2013.

E. P. Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Pešaković, “Development and Evaluation of a Competence-Based Teaching Process for Science and Technology Education,” J. Balt. Sci. Educ., vol. 13, no. 5, pp. 740–754, 2014.

R. Wheelahan, L. & Carter, “National Training Package: A New Curriculum Framework for Vocational Education and Training In Australia,” Educ. Train., vol. 43, no. 6, pp. 303–316, 2001.

C. Dirman & Juarsih, Pengembangan Kurikulum: Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v4i1.31044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Irdiana Windradini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats