Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Muhammad Baiquni, kajian Pariwisata, UGM, Yogyakarta, Indonesia
Eni Harmayani, kajian Pariwisata, UGM, Yogyakarta, Indonesia
Yulia Arisnani Widyaningsih, kajian Pariwisata, UGM, Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Perkembangan industri pariwisata dapat memberikan peluang bagi berkembangnya produk-produk wisata, termasuk kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tingginya perkembangan industri pariwisata, memberikan peluang yang sangat besar bagi masyarakatnya, untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata, khususnya wisata kuliner yang saat ini masih sangat terbatas jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makanan tradisional sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori Daya tarik Wisata dari Damanik dan Weber, (keunikan, originalitas, otentisitas, dan keragaman).Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa makanan tradisional Kue Kolombeng merupakan suatu produk yang berdaya tarik wisata. Daya tarik wisata pada Makanan Tradisional Kolombeng adalah karena makanan Tradisional ini memiliki keunikan, originalitas, otentisitas, dan keragaman. Keunikan dapat dilihat dari adanya kombinasi kelangkaan dan kekhasan yang melekat pada makanan tradisional Kue Kolombeng. Originalitas makanan tradisional tergambar dari keaslian bahan makanan tradisional dengan tetap mempertahankan bahan baku lokal asli dan proses dengan ,juga menggambarkan otentisitasnya, keragaman mengarah pada variasi bentuk dan nama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cooper, D.R. And Emory, C.W. 1995. Business Research Methods, 5 th edition,
Damanik, Janianton dan Helmut F. Weber.2006. Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Dinas Pariwisata DIY Tahun 2017.
Didin Syarifuddin, Chairil M. Noor, Acep
Rohendi, Memaknai Kuliner Lokal sebagai daya tarik Wisata Kota bandung, Jurnal ABDIMAS BSI, Vol. 1 No. 1 Februari 2018, Hal. 55-64
Eric R. Wolf.2004. Perang Petani. Penerbit Insist Press.
International Culinary Tourism Association. The World‟s Leading Authority on Culinary Travel.
Marketing Outlook, 2017
DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Minta harsana, Muhammad Baiquni, Eni Harmayani, Yulia Arisnani Widyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by
Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Home Economics Journal Stats