Implementasi Metode Inquiry Discovery untuk Pembentukan Kreativitas Mahasiswa dalam Seni Penyajian Makanan
Abstract
Kreativitas dapat dikembangkan melalui berbagai cara, sementara ini implementasi inquiry dan descovery pada praktek seni penyajian makanan belum pernah dikaji. Melalui tulisan ini ingin diketahui apakah penggunaan metode inquiry. Discovery berdampak pada pembentukan kreativitas seni penyajian makanan. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas, metode penelitian dimodifikasi dari Kemmis, setiap siklus dibagi 3 tahap yaitu perencanaan, observasi dan tindakan serta refleksi. Subjek penelitian adalah 39 orang mahasiswa. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara, Analisis data dilakukan secara deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan metode inquiry discovery menunjukkan kreativitas proses sangat baik (3,44) dan kreativitas produk baik (3,97), dan kreativitas individu secara rerata sangat baik (3,33). Dengan demikian proses inquiry dapat membentuk peserta didik untuk berkreasi pada aktivitas seni penyajian makanan, hal ini dapat dibuktikan dengan produk yang dihasilkan lebih bervariasi tidak terpancang pada contoh yang diberikan oleh dosen, dan gambar atau model yang di dapatkan melalui internet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Calhoun, C.C., Finch, A.V. (1982) . Vocational Education: Concepts and Operations (2nd ed.). Belmont, California: Wadworth Publishing Company.
Dedi Supriadi. (2002) . Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung : Alfabeta
Finch, C.R., dan Crunkilton, J.R. (1984). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content and lmplementation. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
http://dasar-teori. blogspot.com /2011/08/pengertian-metode-pembelajaran_01.html, diakses 20 Februari 2014.
Oemar Hamalik . (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara:
Oemar Hamalik. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Purwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (edisi ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Sismono La Ode, dkk . (2006). Di Belantara Pendidikan Bermoral. Biografi Pemikiran dan Kepemimpinan Prof. Suyanto, Ph.D. Yogyakarta: UNY Press.
Stemberg J.R & Williams, M.W (1996:3) How to Develo Student Creativity. Alexandria Virginia: Assosiation for Supervition and Curiculum Development
DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Kokom Komariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by
Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Home Economics Journal Stats