Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Pengawetan Makanan Materi Kacang Disko

Andian Ari Anggraeni, Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mutiara Nugraheni, Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Titin Hera Widi Handayani, Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengembangkan video pembelajaran yang layak pada mata kuliah Teknologi Pengawetan Makanan materi pembuatan kacang disko. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Video dikembangkan dengan pendekatan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data  menggunakan angket penilaian kelayakan media. Subyek penelitian 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 30 orang calon pengguna yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video dikembangkan dengan format mp4,  durasi 11 menit. Video ini terdiri dari 5 bagian yaitu pembukaan, persiapan alat dan bahan, proses produksi, uji kadaluarsa dan penutupan. Dan menggunakan format presenter di bagian pembukaan dan penutupan. Bagian persiapan, produksi, dan uji kadaluarsa dipandu oleh suara dubber dan diperagakan oleh talent mahasiswa. Video diunggah dalam YouTube channel Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta dengan URL https://youtu.be/ne7981MDqbY. Prosentase kelayakan video berdasar ahli materi 97%, ahli media 89% dan calon pengguna 79% yang semuanya masuk kategori sangat layak. Oleh karena itu, video kacang disko ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Pengawetan Makanan.


Keywords


kacang disko, video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bergmann, J. and Sams, A. (2012) Flip your classroom: Reach every student in every class every day. Eugene, Oregon: International Society for Technology in Education.

Educause (2012) 7 things you should know about… Flipped classrooms. Educause Learning Initiative. https://net. educause.edu/ir/library/pdf/ELI7081.pdf.

Hamdan, M., McKnight, P., McKnight, K., and Arfstrom, K. (2013) A review of flipped learning: Flipped Learning Network.http://researchnetwork.pearson.com/wp-conte nt/uploads/LitReview_FlippedLearning1.pdf.

Mazur, A.D., Brown, B., and Jacobsen, M. (2015) Learning designs using flipped classroom instruction, Canadian Journal of Learning and Technology, 41(2), 1-26.

Riyana, C. (2007) Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI. UPI.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H.D. and Gafur, A. (2010) Potensi pemanfaatan ICT untuk peningkatan mutu pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, Th. XXIX(2):161-175.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. (1974) Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, University of Minnesota.

Trianto (2009) Mendesain model pembelajaran inovatif progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Andian Ari Anggraeni, Mutiara Nugraheni, Titin Hera Widi Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats