Pemodelan spasial untuk tingkat kesesuaian habitat Surili Jawa (Presbytis comate fredericae Sody, 1930) di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb)

Andy Nugroho, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Abstract


Surili Jawa (Presbytis comate fredericae Sody, 1930) merupakan salah satu primata endemik yang dapat ditemui di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb). Habitat Surili Jawa terus mengalami tekanan dan gangguan yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan aktivitas manusia. Sebagai bentuk tindakan konservasi, maka diperlukan informasi spasial mengenai persebaran habitat Surili Jawa melalui data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG). Penelitian ini bertujuan untuk membuat model spasial kesesuaian habitat Surili Jawa di kawasan TNGMb melalui data Penginderaan Jauh dan SIG. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode species distribution modelling (SDM) dengan Maximum Entropy (Maxent). Variabel yang digunakan adalah data kehadiran, tutupan lahan, kerapatan vegetasi, kemiringan lereng, ketinggian tempat, jarak dari jalur pendakian, dan jarak dari tepi hutan. Hasil penelitian menunjukan luas wilayah yang sesuai untuk habitat Surili Jawa adalah 960,48 ha. Evaluasi kinerja model menunjukan akurasi nilai Area Under Curve (AUC) sebesar 0,887 dengan kategori baik. Hasil uji Jackknife menunjukan variabel yang memiliki kontribusi tinggi adalah jarak dari jalur pendakian, tutupan lahan, ketinggian tempat, dan kerapatan vegetasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v20i2.51818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andy Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats