Arif Ashari,
Laboratorium Geografi Fisik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia Bagas Syarifudin,
Laboratorium Geografi Fisik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia Muhammad Asrori Indra Wardoyo,
Laboratorium Geografi Fisik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia Amalia Fadila Rosa,
Laboratorium Geografi Fisik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia Kharisma Kharisma,
Laboratorium Geografi Fisik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia Syarif Jamaludin,
Program Studi Magister Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Pandemi global COVID-19 telah berdampak pada kehidupan penduduk dunia di 223 negara termasuk Indonesia. Sektor pendidikan merasakan dampak besar dengan ditutupnya banyak institusi pendidikan, sehingga pembelajaran harus dipindahkan ke dalam ruang virtual. Kondisi ini memberikan tantangan besar bagi pembelajaran geografi fisik yang membutuhkan penyampaian materi secara kontekstual didukung dengan studi lapangan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gagasan inovasi pembelajaran aspek geografi fisik di sekolah menengah maupun perguruan tinggi dengan sistem virtual fieldwork. Gagasan ini disertai dengan contoh implementasi yang telah dilakukan di Laboratorium Geografi Fisik UNY dalam pelaksanaan praktikum daring selama masa pandemi COVID-19 pada semester kedua 2020/2021. Virtual fieldwork dapat dilakukan melalui pembelajaran sikron tidak langsung atau dengan mengembangkan video pembelajaran yang didesain untuk memberikan visualisasi kondisi lapangan secara detail ke dalam ruang pembelajaran online. Penyajian video dan ruang lingkup materi perlu disesuaikan untuk mengakomodir kebutuhan ini. Inovasi pembelajaran semacam ini sangat diperlukan sebagai solusi pembelajaran daring pada masa pandemi dan juga tuntutan inovasi pembelajaran di Abad 21.