PERANAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA LAHAN BERBASIS SOSIAL BUDAYA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nurul Khotimah, Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Geografi UGM / Geografi, FISE UNY, Indonesia

Abstract


Pengelolaan sumberdaya lahan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta perlu mempertimbangkan potensi sosial budaya yang ada dalam masyarakatnya. Selain berbasis pada ekosistem, pendekatan sosial budaya merupakan salah satu pendekatan yang mampu mewujudkan pengelolaan sumberdaya lahan yang mandiri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

          Potensi sumberdaya lahan yang ada, memerlukan ruang kelola dalam masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat secara nyata dalam pelaksanaannya. Ruang kelola tersebut dapat berupa peran serta masyarakat dalam proses penataan ruang dan penentuan kebijakan pengelolaan sumberdaya lahan di wilayah ekosistem.

          Partisipasi sosial budaya dari pihak-pihak berkepentingan akan menghasilkan rencana tata ruang yang lebih akomodatif terhadap kepentingan bersama yang "intangible" yang dinikmati bersama oleh banyak komunitas yang tersebar di seluruh wilayah ekosistem tersebut.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Sumberdaya Lahan, Sosial Budaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v7i2.19093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats