PjBL dengan Penugasan Video Tutorial di Masa Pandemi COVID-19: Peningkatan Ketertarikan Belajar serta Penguatan Kreatifitas dan Kepercayaan Diri

Nugroho Wibowo, SMK N 1 Saptosari, Indonesia

Abstract


Salah satu hasil evaluasi kegiatan belajar di masa pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa peserta didik merasa bosan. Dilain pihak, pembelajaran saat ini tidak harus mengejar target kurikulum. Guru perlu melakukan penguatan karakter. Kreatifitas dan kepercayaan diri perlu dikuatkan pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Artikel ini mendeskripsikan penerapan Project-Based Learning (PjBL) dengan penugasan video tutorial untuk membuat peserta didik tertarik serta menguatkan karakter kreatif dan percaya diri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang dideskripsikan dari hasil pengalaman terbaik (best practice) peneliti. Tahapan PjBL dengan penugasan video tutorial terdiri atas: (1) informasi dan regulasi tugas; (2) penggalian ide; (3) pembuatan video; dan (4) pencarian jejaring dan pemberian reward. Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran tersebut adalah: (1) 83.33% peserta didik cenderung tertarik pada penugasan video tutorial; serta (2) 80.56% peserta didik yang mengalami penguatan kreatifitas dan 91.67% peserta didik yang mengalami penguatan percaya diri. Keberhasilan pembelajaran ini didukung oleh semangat dan sifat kooperatif peserta didik. Dilain pihak, penghambat kegiatan belajar tersebut adalah sinyal yang kurang baik, kualitas video dan kuota internet yang terbatas. Artikel ini berkontribusi untuk memperlihatkan pengalaman terbaik guru pada penerapan PjBL dengan penugasan video tutorial untuk meningkatkan ketertarikan belajar sekaligus menguatkan kreatifitas dan kepercayaan diri


Keywords


PjBL; video tutorial; interested; creativity; confidence

Full Text:

PDF

References


A. Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini,” J. Penyakit Dalam Indones., vol. 7, no. 1, p. 45, Apr. 2020.

N. Mona, “Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di Indonesia),” J. Sos. Hum. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 117–124, Jan. 2020.

M. P. dan K. R. Indonesia, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan. Jakarta, Indonesia, 2020.

R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, pp. 395–402, Apr.2020.

L. G. M. Z. Atsani, “Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19,” Al-Hikmah J. Stud. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82–93, 2020.

M. P. dan K. R. Indonesia, Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19). Jakarta, Indonesia, 2020.

M. P. dan K. R. Indonesia, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona yirus disease (COVID-19). Jakarta, Indonesia, 2020.

R. Pawicara and M. Conilie, “Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2020.

D. Ramanta and F. D. Widayanti, “Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19,” Pros. Semin. Bimbing. dan Konseling, no. 5, 2020.

Zainal Abidin; Adeng Hudaya & Dinda Anjani, “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19,” Res. Dev. J. Educ., 2020.

S. Utami and P. Utami, “Penggunaan Whatsapp Group dan Google Classroom untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik TeknikAudio Video,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 75–88, Sep. 2020.

. Rita E. I., et.al, “Buku Pegangan Kuliah Perkembangan Peserta Didik,” Yogyakarta, 2007.

Ayunda Pininta Kasih, “Covid 19, ini Sederet Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia.,” Kompas.com, Jakarta, p. 1, 2020.

S. Siswati, “Pengembangan soft skills dalam kurikulum untuk menghadapi revolusi industri 4.0,” Edukasi J. Pendidik., vol. 17, no. 2, pp. 264–273, Dec. 2019.

E. He, A. Anak, G. S. De, and R. He, “Hubungan Self-Confidence dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik yang Diajar Menggunakan Model Electing Activities (MEAs),” J. Authentic Res. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2019.

P. Sutowo, “Peningkatan Kreatifitas Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik elektronika Industri SMKN 2 Pengasih dalam Memahami Konsep Sensor dan Aktuator dengan Metode Mind Mapping,” p. 1, 2015.

Y. Nashr, Anakku Juara, Mencetak Anak Berkarakter, Positif, Unggul, Kreatif dan Berakhlak Mulia. Solo: Tinta Medina, 2014.

T. Hakim., Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.Jakarta: Puspa Swara., 2005.

P. Sarastika., Stop Minder & Grogi: Saatnya Tampil Beda dan Percaya Diri, 1st ed. Yogyakarta: Araska, 2014.[20]W. N. E. Saputra, “Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion,” J. Kaji. Pendidik. dan Konseling., vol. 3, pp. 14–21, 2018.

C. B. Yudha, “Peningkatan Kepercayaan Diri dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Prima Edukasia, vol. 2, pp. 42–56, 2014.

P. Utami and P. Pardjono, “Perbedaan Jigsaw II dan GI terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah masalah pada kompetensi mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan Peripheral ditinjau dari motivasi belajar,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 2, Jun. 2013.

H. J. Fraser, B.J. and Walberg, Improving Science Education. Chicago: The National Society for The Study of Education, 1995.

M. Baghoussi and I. Zoubida El Ouchdi, “The Implementation of the Project-Based Learning Approach in the Algerian EFL Context: Curriculum Designers’ Expectations and Teachers’ Obstacles,” Arab World English J., vol. 10, no. 1, pp. 271–282, Mar. 2019.

A. L. Felipe, E. Amouroux, T. Pham,and A. Stojcevski, “Vietnamese Students Awareness towards a Project Based Learning Environment,” in 8th International Symposium on Project Approaches in Engineering Education/ 14th Active Learning in Engineering Education Workshop, 2016, pp. 320–324.

T. D. Hastjarjo, “Rancangan Eksperimen-Kuasi,” Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, pp. 187–203, Dec. 2019.

Retnaningsih, S. Ridlo, and N. W.H, “The Effectiveness of Project-Based Learning Model and Assessment of Learning Outcomes Against Portfolio,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 18, no. 2, pp. 153–162, 2019.

N. C. Ting, “Classroom Video Project: An Investigation on Students Perception,” Procedia -Soc. Behav. Sci., vol. 90, pp. 441–448, Oct. 2013.

R. V. Small, B. J. Dodge, and X. Jiang, “Dimensions of Interest and Boredom in Instructional Situations,” 1996.

V. M. C. Tze, L. M. Daniels, and R. M. Klassen, “Evaluating the Relationship Between Boredom and Academic Outcomes: A Meta-Analysis,” Educ. Psychol. Rev., vol. 28, no. 1, pp. 119–144, Mar. 2016.

G. Kelemen, “Creativity, performance and emotional balance,” Plus Educ., vol. 18, no. 2, pp. 38–46, 2017.

M. O’Sullivan, “Chapter 4: Innovation and creativity,” in Developing the Cambridge learner attributes, Cambridge Assessment International Education, 2011, pp. 1–122.

Y. Yamin, A. Permanasari, S. Redjeki, and W. Sopandi, “Implementing project-based learning to enhance creative thinking skills on water pollution topic,” JPBI (Jurnal Pendidik. Biol. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 225–232, Jul. 2020.

S. Sumardi, R. ‘Adzima, and A. N. Wijaya, “Digital Video Project: An Authentic Assessment to Assess Students’ Speaking Skills,” Indones. J. EFL Linguist., vol. 5, no. 1, pp. 57–72, May 2020.

P. Utami, G. P. Cikarge, M. E. Ismail, and S. Hashim, “Teaching Aids in Digital Electronics Practice through Integrating 21st Century Learning Skills using a conceptual approach,” in Journal of Physics: Conf. Series, pp. 1–9.

A. J. Martin, “Courage in the classroom: Exploring a new framework predicting academic performance and engagement.,” Sch. Psychol. Q., vol. 26, no. 2, pp. 145–160, Jun. 2011.

A. Marisah and R. H. Robiasih, “The implementation of project-based learning to improve vocational students’ speaking skills,” J. English Lang. Lang. Teach., vol. 1, no. 2, pp. 27–32, 2017.

C. Yükselir and Ş. Kömür, “Using online videos to improve speaking abilities of EFL learners,” Eur. J. Educ. Stud., vol. 3, no. 5, pp. 255–266, 2017




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.34698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter