Pengembangan Modul Praktik Sistem Audio dengan Pendekatan Proyek
Sri Waluyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pembelajaran berpusat pada siswa menuntut keaktifan peserta didik. Keaktifan belajar peserta didik dapat didukung melalui pengembangan media pembelajaran. Pendekatan pada model pembelajaran proyek dinilai tepat untuk mengembangkan keaktifan belajar peserta didik. Jobsheet praktikum mata kuliah sistem Audio belum mendukung keaktifan belajar peserta didik. Mata kuliah tersebut memerlukan modul praktik yang memicu keaktifan peserta didik agar memiliki pemahaman materi dan tertib melakukan kegiatan praktik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan modul praktik Sistem Audio yang mendukung keaktifan belajar. Tahapan pengembangan media pembelajaran meliputi: (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) penyusunan modul; (5) validasi desain; (6) perbaikan desain; (7) uji coba pemakaian; (8) revisi produk; dan (9) penyebaran produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul praktik sistem audio yang sudah direalisasikan mendapatkan validasi oleh ahli materi sebesar 88,4 %, oleh ahli media sebesar 80,7%; dan uji pemakaian oleh peserta didik sebesar 81,25%. Ketiga penilaian tersebut menunjukkan bahwa media pada kategori sangat layak digunakan. Dari ketiga perolehan tersebut, modul praktik sistem audio sangat layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik. Modul Pembelajaran berbasis proyek dinilai mampu mendukung aspek kemandirian dan sejalan dengan penerapan pembelajaran andragogi. Hasil ini dapat ditindaklanjuti untuk mengetahui penerapan modul pembelajaran berbasis proyek di kelas untuk meningkatkan kemandirian dan keterlibatan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. Hendri, “Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi,”E-Tech, vol. 8, no. 1, pp. 1–29, 2020.
N. W. Rati, N. Kusmaryatni, and N. Rediani, “Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa,”J. Pendidik. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2017.
S. N. RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang SIstem Pendidikan Nasional. Jakarta, Indonesia, 1989.
S. N. RI, Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta, Indonesia, 2012.
P. Utami, G. P. Cikarge, M. E. Ismail, and S. Hashim, “Teaching Aids in Digital Electronics Practice through Integrating 21st Century Learning Skills using a conceptual approach,”in Journal of Physics: Conf. Series, pp. 1–9.
A. P. Budijono and W. D. Kurniawan, “Penerapan Modul Berbasis Komputer Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Mata Kuliah Pneumatik dan Hidraulik,”J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 21, no. 2, pp. 106–113, 2012.
Tiwan, “Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Upaya Peningkatkan Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY,”J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 2, pp. 255–280, 2010.
J. W. Thomas, A Review Research on Project-Based Learning. San Rafael, California: The Autodesk Foundation, 2000.
T. Koparan and B. Guven, “The Effect on the 8th Grade Students’Attitude towards Statistics of Project Based Learning,”Eur. J. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 73–85, Apr. 2014.
K. P. Nepal and G. A. Jenkins, “Blending project-based learning and traditional lecturetutorial-based teaching approaches in engineering design courses,”in Australasian Association for Engineering Education (AAEE) Conference Proceedings, 2011, pp. 338–343.
I. Milentijevic, V. Ciric, and O. Vojinovic, “Version control in project-based learning,”Comput. Educ., vol. 50, no. 4, pp. 1331–1338, May 2008.
T. Markham, Project based learning; Design Coaching Guide. California: Wilsted & Publishing Service, 2012.
N. Jalinus, R. A. Nabawi, and A. Mardin, “The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students,”in Proceedings of the International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017), 2017, pp. 251–256.
A. Commitante, N. Lovett, and F. C. Macko, “Part 2 Planning The Project,”in Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning, NewYork, 2000, pp. 11–18.
Z. Zekri, G. Ganefri, and M. Anwar, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK,”Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 33–42,Apr. 2020.
A. Ilyas, M. Wijaya, and M. Danial, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone (Studi Pada Materi Pokok Koloid),”Chem. Educ. Rev.,vol. 2, no. 2, p. 16, Mar. 2019.
N. K. Novianto, M. Masykuri, and S. Sukarmin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/ MA,”INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 7, no. 1, p. 81, Mar. 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
C. W. Anggraeni, “Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges?,”Metathesis J. English Lang. Lit. Teach., vol. 2, no. 1, p. 12, 2018.
A. Y. L. Lee, “Media education in the School 2.0 era: Teaching media literacy through laptop computers and iPads,”Glob. Media China, vol. 1, no. 4, pp. 435–449, 2016.
Ricu Sidiqand Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,”J. Pendidik. Sej., vol. 9, no. 1, pp. 1–14, Jan. 2020.
S. Hashim, M. E. Ismail, A. Masek, R. Lip, N. Sa’adan, and P. Utami, “The assessment of 2D animation e-module suitability usage in Malaysia Community College,”Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 9, no. 6, pp. 196–206, 2019.
R. Seruni, S. Munawaoh, F. Kurniadewi, and M. Nurjayadi, “Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Professional,”JTK (Jurnal Tadris Kim., vol. 4, no. 1, pp. 48–56, Jun. 2019.
M. Umriyah1, A. Yulianto, and N. Hindarto, “Penggunaan Bahan Ajar dengan Pendekatan Andragogi sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar siswa SMA RSBI,”J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 8, pp. 68–73, 2012.
Sujarwo, “Strategi Pembelajaran Partisipastif bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi).”FIP UNY, Yogyakarta, 2007
DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.34590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)