Pengelolaan Praktik Kerja Industri Berbasis Mutu di SMK Negeri 3 Wonosari

Joko Suharjanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Munir, Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencaanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Survey dan Ex Post Facto. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan merangkum hasil wawancara dan dokumentasi untuk diolah dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencaanaan praktik kerja industri berbasis mutu SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi tim, sosialisasi, pembekalan pihak internal dan eksternal untuk siswa, inventarisasi DU/DI (2) pengorganisasian praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui koordinasi koordinator Tim yang jelas, (3) pelaksanaan praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui pengelompokan siswa, pelepasan siswa, monitoring, penarikan siswa. Siswa melaksanakan prakerin selama 3 bulan, (4) evaluasi praktik kerja industri berbasis mutu di SMK Negeri 3 Wonosari sudah dilaksanakan dengan baik melalui rapat evaluasi yang melibatkan tim Prakerin, manajemen sekolah, pihak jurusan.

Keywords


praktik kerja industri; berbasis mutu; survey

Full Text:

PDF

References


S. N. RI, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,”2003.

S. J. D. RI, “Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Risalah Rapat Paripurna ke-5 Sidang Tahunan MPR Tahun 2002 sebagai Naskah Perbantuan dan Kompilasi Tanpa Ada Opini),”Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, 2002. [Online]. Available: http://www.dpr.go.id/jdih/uu1945.

S. N. RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan. Indonesia, 2005.

P. Utami, G. P. Cikarge, M. E. Ismail, and S. Hashim, “Teaching Aids in Digital Electronics Practice through Integrating 21st Century Learning Skills using a conceptual approach,”in Journal of Physics: Conf. Series, 2018, pp. 1–9.

N. Susana, “Pengelolaan Praktik Kerja Industri,”Manajer Pendidik., vol. 10, no. 6, pp. 579–587, 2016.

T. M. Amirin, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2010.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.

A. N. Faizal, Burhanuddin, and Sultoni, “Manajemen praktik kerja industri,”J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 139–149, 2018.

S. Hashim, M. H. A. Rahman, D. Nincarean, N. F. Jumaat, and P. Utami, “Knowledge Construction Process in Open Learning System among Technical and Vocational Education and Training (TVET) Practitioners,”J. Tech. Educ. Train., vol. 11, no. 1, pp. 73–80, 2019.

S. T. Safitri and D. Supriyadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall,”J. Infotel, vol. 7, no. 1, pp. 69–74, 2015




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter