PEMETAAN KOMPETENSI LULUSAN SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA MAKASSAR
Dyah Vitalocca, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2007. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007, tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Depdiknas. 2008. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 251/C/KEP/MN/2008, tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Dikti. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (IQF) Kajian tentang Implikasi dan Strategi Implementasi KKNI. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Haolader, Faruque A, Kasagga Usama. 2012. ICT Competence of TVET Trainee-Teachers: a case study in Islamic University of Technology. International Journal of Engineering Research & Technology. Jurnal Versi digital. www.ijert.org(diakses tanggal 10 Mei 2016)
Irwanti,Yoanita D. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Maclean, R. & Wilson, D . 2009. International handbook of education for the changing world of work, bridging academic and vocational learning. Bonn: Springer.
Mendikbud. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada Smp/Mts atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang Sederajat.
Mendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
EndangMulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta.
Nurcahyanie, Yunita D, dkk. 2012. Kajian Ketimpangan Permintaan Industri dan Pasokan Pendidikan Wilayah Kota Makassar[versi digital]. http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/33668288/PROSIDING_INCETA_UNIPA_2013.docx (diakses tanggal 10 Mei 2016)Pavlova, M. 2009. Technology and vocational education for sustainable development. Queensland: Spinger.
Prawiro. 2012. Pemetaan Kompetensi-Kompetensi Di Dunia Kerja Bidang Mekanik Otomotif Roda Dua. Prosiding Seminar Nasional. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/538 (versi online diakses tanggal 2 Mei 2016).
Sudira, P. 2012. Filosofi & teori pendidikan vokasi dan kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
United Nations Educational, Scientific And Cultural Organization, (2003). The use of icts in technical and vocational education and training, analytical survey. Moscow: UNESCO
DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Our Journal indexed by:
ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)