RANCANG BANGUN APLIKASI E-REPORT PENGADUAN MASYARAKAT DESIGN PUBLIC COMPLAINT E-REPORT APPLICATION

Roviana H. Dai, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Lillyan Hadjaratie, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Nuzran Firmansyah Bouti, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Abstract


Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi. Ombudsman RI perwakilan provinsi Gorontalo menerima jumlah laporan yang cukup signifikan setiap tahunnya yaitu 122 laporan ditahun 2014, 138 laporan ditahun 2015 dan 146 laporan sepanjang tahun 2016. Tingginya beban penyelesaian laporan setiap Asisten mengakibatkan laporan-laporan jadi tidak tertanggulangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem yang dapat menjadi early warning system, reminder/pengingat sekaligus membantu dalam monitoring laporan baik oleh internal Ombudsman maupun masyarakat sebagai Pelapor. Sistem yang akan dibuat menggunakan fitur sms gateway dan sistem berbasiskan web. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi e-report yang bisa membantu Pimpinan dan Asisten dalam penanganan laporan pengaduan masyarakat setiap harinya.

Keywords


Ombudsman RI Provinsi Gorontalo; e-Report; Laporan Pengaduan Maladministrasi

Full Text:

PDF

References


Alter, S. 1992. Information System A Management Prespective. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc. USA.

Faaza, F.U. 2015. SMS Gateway Untuk Verifikasi Kehadiran Dosen Dalam Information Display System Jadwal Perkuliahan Di Prodi Informatika FKI UM. Skripsi diterbitkan (Online). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/37618/. Di akses pada (16/3/2016)

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Gelinas, U.J., Oram, A.E., Wiggins, W.P. 1990. Accounting Information System. PWS-KENT Publishing Company.

Machmud, N.P. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE). Skripsi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Pressman, R.S. 2010. Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York.

Sumadyo, M. 2009. Rancang Bangun Sistem Pelaporan Pendapatan Harian Dengan Sms Gateway Dan Monitoring Hasil Berbasis Web Pada Perusahaan Pengisian Ban Nitrogen. Jurnal Paradigma Vol X, 212-221.

Susanto, H. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelaporan Perkembangan Gizi Balita Bagi Tingkat Kecamatan Pada Area Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal UdiNus Repository. Vol. 1, No. 1. http://eprints.dinus.ac.id/12738/. Di akses pada (16/3/2016)

Thoyib. 2010. Pelayanan Pelanggan Berbasis SMS Gateway. JURNAL UMB, 3




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter