ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) 2013 MENGGUNAKAN MODEL END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA

Handaru Jati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bonita Destiana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh content terhadap user satisfaction; (2) pengaruh accuracy terhadap user satisfaction; (3) pengaruh format terhadap user satisfaction; (4) pengaruh ease of use terhadap user satisfaction; (5) pengaruh timeliness terhadap user satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Teknik pengambilan sampel dengan  purposive sampling. Sampel yang diambil merupakan mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang sudah menggunakan SIAKAD 2013 . Data diperoleh dengan kuesioner tertutup yang telah memenuhi persyaratan validitas  dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) content berpengaruh terhadap user satisfaction; (2) accuracy berpengaruh terhadap user satisfaction; (3) format berpengaruh terhadap user satisfaction; (4) ease of use berpengaruh terhadap user satisfaction; (5) timeliness berpengaruh terhadap user satisfaction.

Keywords


sistem informasi, analisis kepuasan, EUCS

Full Text:

PDF

References


Aji, S. P., dan Bodroastuti, T. (2013). Penerapan Model Simulasi Antrian Multi Channel Single Phase Pada Antrian Di Apotek Purnama Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1.

Akadun. (2009). Teknologi Informasi Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Bodnar, George H., & Hopwood, William S. (2012). Accounting information systems. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Djemari Mardapi. (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Doll, W.J., and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End User Computing Satisfaction, MIS Quarterly (12:2).

Doll, W.J., and Torkzadeh, G. (1991) Issues and Opinions - The Measurement of End-User Computing Satisfaction: Theoretical and Methodological Issues, MIS Quarterly, 15, 5-10.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: an introduction to theory and research. Reading, Massachusetts: Addison-Wesley.

Imam Ghozali. (2011). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto HM. (2008). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kerlinger, Fred N. (1979). Behavioral research: a conceptual approach. Austin: Holt Rinehart & Winston.

Lin, L. R. (1988). Educational measurement. New York: Macmillan.

O’Brien, James A. (2005). Introduction to information systems. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Suharsimi Arikunto. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.13229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter