PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Wiedy Murtini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Patni Ninghardjanti, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan tes kemampuan berpikir kritis pada siklus pertama memperoleh capaian sebesar 48% peserta didik yang lulus dengan nilai rata-rata kelas adalah 80,65. Hal ini menunjukkan kenaikan sebesar 26% bila dibandingkan dengan tes pratindakan dimana capaian peserta didik yang lulus adalah sebesar 22% dengan nilai rata-rata kelas adalah 70,65. Kemudian pada siklus kedua kembali terjadi peningkatan dan mampu melampaui target capaian yang diharapkan dimana sebesar 78% peserta didik dinyatakan lulus dan nilai rata-rata kelas adalah sebesar 91,3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kata kunci: mind mapping; kemampuan berpikir kritis; covid-19; pembelajaran daring; zoom meeting
Abstract: Application of Mind Mapping Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Abilities. This study aims to determine whether the application of the mind mapping learning model can improve students’ critical thinking abilities. This study is a Classroom Action Research (CAR) in 2 cycles. The result of this study showed that the critical thinking ability test in the first cycle obtained an achievement of 48% of students who passed with an average grade was 80.65. this shown an increase of 26% when compares to the pre-action test where the achievement of students who passed was 22% with an average grade was 70.65. then in the second cycle there was an increase again and was able to exceed the expected achievement target where 78% of students passed and the class average was 91.3. based on the result of the study, it can be concluded that mind mapping learning model can improve students’ critical thinking abilities.
Keyword: mind mapping; critical thinking abilities; covid-19; online learning; zoom meeting
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanti, Y. (2016). BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN KUNCI DETERMINASI. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544
Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6). https://doi.org/10.3991/IJET.V15I06.12657
Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.
Dewanto, W. K., Agustianto, K., & Sari, B. E. (2018). Developing thinking skill system for modelling creative thinking and critical thinking of vocational high school student. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012115
Ennis, R. (2013). Critical Thinking Across the Curriculum: The Wisdom CTAC Program. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 28(2). https://doi.org/10.5840/inquiryct20132828
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI “QUIZIZZ.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. UPI Press.
Irman. (2019). THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING TECHNIQUES IN COUNSELING OF ENHANCEMENT ABILITY MEMORY STUDENTS IN LEARNING. Ta’dib, 22(2). https://doi.org/10.31958/jt.v22i2.1424
Khoiriyah, B. A., Suratno, & Murdiyah, S. (2015). Pengaruh Model Integrasi Mind Map dan Question Student Have terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi, 2.
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, .D.H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3).
Lestari, R., Wibowo, M. E., & Awalya. (2020). Group Guidance of Mind Mapping to Improve Critical Thinking Skills Rahayu. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1).
Nuriani, N. R. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.233
Permana, F. H., & Setyawan, D. (2019). Implementasi Mind Mapping Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar Mipa, 14(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.1044
Prahesti, A. D. (2017). Korelasi penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran dengan hasil belajar PAI siswa di SMPN 3 Krian tahun pelajaran 2016/2017.
Prasetyono, R. N., & Haryono, R. C. S. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 4(1).
Ridwan, R. (2020). Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.22
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Journal of Biology Education, 1(3). https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1498
Safitri, R. R., Atrup, A., & Hanggara, G. S. (2018). Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2). https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13079
Saiful, N. I., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa ). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539
Sihotang, K. (2019). Berpikir kritis kecakapan hidup di era digital. PT KANISIUS.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sunarti, I., & Ristiani, N. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 14(02). https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1037
Swadarma, D. (2013). Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. PT. Elex Media Komputindo.
Taib, M. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.345
Wibowo, N. (2017). An Application Of Mind Mapping Teaching Model Model To Enhance Natural Science Learning Achievement In The Fifth Graders In The First Semester At Sd N 4 Kaliuntu. In International Journal of Elementary Education (Vol. 1, Issue 4).
Windura, S. (2013). 1st mind map. PT. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i1.46231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...