Kepuasan Kerja dan Peningkatan Prestasi Kerja

Muslihkah Dwi Hartanti, , Indonesia

Abstract


Sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan yang telah ditetapkan dan ingin diwujudkan melalui kegiatan operasional. Upaya untuk mewujudkan tujuan perusahaan tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, baik fisik maupun nonfisik. Salah satu faktor nonfisik yang menjadi persoalan bagi perusahaan adalah masalah kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja mempunyai arti penting bagi karyawan maupun perusahaan, terutama untuk menciptakan keadaan positif di lingkungan kerja perusahaan.

Sementara itu, prestasi kerja atau kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan yang telah dirumuskan. karena ukuran terakhir keberhasilan departemen peronalia adalah prestasi kerja atau pelaksanaan kerja (performance) karyawan. Prestasi kerja perlu diberikan umpan batik sebagai pemacu untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi kerja pada masa yang akan datang.

Kepuasan kerja berhubungan dengan prestasi kerja karyawan, meskipun diantara keduanya sulit menentukan apa mempengaruhi yang mana. Hubungan prestasi dan. kepuasan kerja menjadi suatu sistem yang berlanjut (continues). Dimana kondisi kepuasan dan ketidakpuasan kerja menjadi umpan balik atau feedback yang akan mempengaruhi prestasi kerja di waktu yang akan datang, untuk selanjutnya penghargaan dari prestasi akan memunculkan kepuasan maupun ketidakpuasan kerja.

Kata kunci: kepuasan kerja, prestasi kerja

Keywords


kepuasan kerja; prestasi kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v7i1.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...