Manajemen Bisnisi dan Idealisme Pendidikan

Ki Ismara, , Indonesia

Abstract


Trend dunia pendidikan di Indonesia saat ini bergeser ke arah bisnis, yang didorong oleh mekanisme pasar. Regulasi pemerintah dalam hal ini, belum berpihak kepada rakyat yang tidak mampu. lembaga bisnis pendidikan menjamur dan berkembang biak terus-menerus, yang menambah jumlah masyarakat usia pendidikan menjadi marginal. Panggung dunia bisnis pendidikan ber1anjut dengan adu kekuatan persaingan yang ada adalah berusaha untuk memenangkan atau tersingkirkan. Pengelolaan sumber daya semakin komplek, tuntutan pasar dan pelangganjuga semakin bervariasi. Untuk itu diperlukan berbagai keunggulan kompetitif, yang didukung dengan penerapan berbagai produk iptek ITC dan manajemen modern. 
Keunggulan kompetitif yang ditonjolkan adalah sumherdaya manusia pendidik. sarana-prasarana, media dan metode pendidikan. Di sisi lain, ternyata masih kurang memperhatikan keunggulan budaya kerja, nasionalisme, dan keberpihakan terhadap pelanggan yang kurang mampu.



Keywords


manajemen bisnis; pelanggan; manajemen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v4i2.3869

Refbacks





                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...