Fungsi dan Peran ASPAPI dalam Menunjang Pendidikan Bidang Administrasi Perkantoran

Muhyadi Muhyadi, , Indonesia

Abstract


Administrasi perkantoran merupakan salah satu bidang yang memegang peran strategis dalam organisasi modern. Keberhasilan organisasi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan banyak ditentukan oleh kualitas keputusan yang diambil pimpinan, sementara itu kualitas keputusan banyak ditentukan oleh ketersediaan dan keakuratan informasi yang diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan tersebut. Pekerjaan bidang administrasi perkantoran adalah bidang yang menyiapkan informasi yang diperlukan oleh organisasi, utamanya pemimpin. Oleh karena itu, pengelolaan administrasi perkantoran mutlak harus dilakukan secara profesional. Guna mencapai kondisi yang diharapkan tersebut diperlukan persiapan yang cukup berupa pendidikan administrasi perkantoran yang berkualitas dan pembinaan yang dilakukan secara terus menerus terhadap mereka yang sudah bekerja dalam bidang ini. Untuk itulah diperlukan wadah yang mampu mengembangkan profesi administrasi perkantoran, sekaligus melindungi kepentingan pelanggan dari layanan yang tidak berkualitas. Atas dasar pemikiran seperti itulah maka kemudian dibentuk asosiasi profesi yang mewadahi pakar, praktisi, dan pemerhati bidang administrasi perkantoran, yang diberi nama ASPAPI (Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia). Keberadaan ASPAPI diharapkan mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan bidang administrasi perkantoran, baik pada level pendidikan maupun praksis.


Keywords


ASPAPI; organisasi; administrasi perkantoran; profesi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v12i1.3864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...