Abstract
Public Relations (PR) adalah fungsi khas manajemen yang mendukung pembinaan dan membangun upaya saling menguntungkan melalui komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerjasama yang baik antara organisasi dengan publiknya. Walaupun perkembangan PR saat tidak bisa ini dipungkiri bahwa beragamnya persepsi tentang PR, telah emmbawa PR (khususnya Indonesia) menuju arah yang keliru dan belum memperoleh apresiasi yang layak atau sejajar dengan profesi lain. Tulisan ini akan menguraikan konsep dasar PR, membahas peran dan fungsi strategis public relations dalam organisasi dan bagaimana meresposisi peran dan fungsi strategis ini agar PR dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai bagian dari koalisi dominan dalam organisasi. Untuk mampu mewujudkan peran dan fungsi strategisnya, semua pihak yang terkait dengan PR perlu duduk bersama untuk mengubah paradigma, menyamakan persepsi mengenai substansi PR dan mengambil langkah-langkah untuk menghasilkan PR Profesional yang mampu memberi kontribusi terhadap organisasi khususnya dalam mengelola hubungan harmonis jangka panjang antara organisasi dengan publiknya agar reputasi organisasi tetap terjaga.
Keywords
reposisi peran; strategi; public relation; organisasi
Phone (0274) 586168 line. 1583