Abstract
Masalah pengelolaan Pendidikan Tinggi di Indonesia masih tetap bergerak diantara 2 pokok persoalan, yaitu masalah manajemen dan masalah akademik. Kedua masalah ini saling berkaitan. Disatu sisi pengelolaan pendidikan tinggi dituntut untuk meningkatkan efisiensi demi memenangkan kompetensi, namun karena lembaga tersebut juga mengemban nilai-nilai idealisme pendidikan maka efisiensi pengelolaan pendidikan tinggi tidak boleh mendominasi pengukuran keberhasilannya. Implementasi nilai-nilai efisiensi sering tidak sejalan bahkan berkontradiksi dengan nilai-nilai idealisme yang harus dikembangkan. Maka dari itu masih banyak ukuran-ukuran lain yang harus dipertimbangkan secara lebih seksama dalam pengelolaan PT tersebut. Tulisan ini berusaha mendeskripsikan struktur permasalahan pengelolaan pendidikan tinggi yang mengandung kontradiksi tersebut.
Keywords
efisiensi; idealisme; pengelolaan; pendidikan tinggi
Phone (0274) 586168 line. 1583