Evaluasi Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Googlemeet pada Pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK N 1 Rembang
Dwi Rahdiyanta, , Indonesia
Abstract
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi google meet pada pelajaran gambar teknik mesin kelas X TPA. Metode penelitian termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan model evaluasi CIPP. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket/kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik kelas X TPA terkait aplikasi google meet sangat menerima dengan rerata 81,19% atau kategori tinggi. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi google meet oleh pendidik mendapatkan persentase 82,2% atau kategori tinggi. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi google meet oleh peserta didik mendapatkan 82,01% atau kategori tinggi. Kelas X TPA mendapatkan nilai rata-rata yang tinggi dibandingkan kelas lainnya sebesar 80,24. Pembelajaran daring melalui aplikasi google meet mendapatkan pengaruh yang baik, sehingga pembelajaran daring semester depan tahun ajaran 2021/2022 untuk semua kelas X pelajaran gambar teknik mesin dapat menggunakan aplikasi google meet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alif Hidayat & Badrun Kartowagiran. 2021. Penilaian hasil belajar praktik pemesinan bubut di SMK N 1 Gombong di masa covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 6. Nomor 2, 174-180
Arif Marwanto, Aan Ardian, Suyanto. 2017. Evaluasi pelaksanaan praktik pembentukan bahan bengkel fabrikasi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 2. Nomor 1, 49-57.
Dwi Rahdiyanta, Heru Tri Prasetya, Rivandra Rezani. 2020. Development of interactive learning media in producing straight gears of milling subjects. Journal of Physics: Conference Series, 1446 (2020) 012011.
Paryanto. 2008. Evaluasi pelaksanaan praktik pemesinan mahasiswa D3 Teknik Mesin UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 17, Nomor 1, 100-118.
S. Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang. 2003. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v7i1.48737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats