Pengembangan Bahan Ajar pada Mata Kuliah Perawatan dan Perbaikan Mesin di Pendidikan Vokasional

Aan Ardian, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Febrianto Amri Ristadi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Victor Elisananda,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta, (2) Mengetahui kelayakan  bahan ajar mata kuliah Perawatan dan Perbaikan Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian dan pengembangan bahan ajar ini yaitu 4 dosen ahli materi, 4 dosen ahli media, dan 46 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar mata kuliah Perawatan dan Perbaikan Mesin Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Bahan Ajar mata kuliah Perawatan dan Perbaikan Mesin ini dinyatakan layak berdasarkan penilaian produk yang rerata keseluruhan mendapat nilai 3,35 dengan klasifikasi “Sangat Baik”.

 

This paper reports a study that examined the design and evaluation process of a learning object material (LOM) in Machinery Maintenance and Repair. The study's main objective is: (1) to develop a LOM that is most suitable for the Mechanical Engineering Education study program and (2) to evaluate the LOM per the Study Program's requirements. The study implements the Research and Development method. Research Subjects are material experts comprising 4 lecturers, four learning media experts, and 46 students. The research output is a LOM for Machinery Maintenance and Repair qualified for teaching and learning in the Mechanical Engineering Study Program. The study's results suggested that the LOM is suitable and classified as "Very Good," averaging a total point of 3,35.


Keywords


bahan ajar, dan perawatan dan perbaikan mesin, pendidikan vokasional

Full Text:

PDF

References


Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs

Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Eko Putro Widoyoko. 2015. Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran

George F. Kneller (ed.). 1967. Foundations of Education. New York: John Wiley and Sons.Inc.

Moh. Jazuli, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa, Vol. 7, No. 2 November 2017.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Rudi Susilana & Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Ruhimat, Toto. Dkk, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudira, P. 2017. TVET ABAD XXI Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press.

Widodo & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v6i1.39542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats