Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional Mata Kuliah Gambar Teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
Abstract
This study aims to: (1) develop an electronic module based on 3D Pageflip Professional for Engineering Drawings course, (2) assess the quality of the electronic modules. The model the research is research and development (R&D). The electronic module was validated by learning media experts and learning material experts. The research subject was the 32 students of mechanical engineering education study program of FKIP UNSRI. The study concludes that: (1) the electronic module that is based on 3D Pageflip Professional for Engineering Drawing Course is appropriate to use for learning process; (2) the quality of the product is very good. The assessment from the experts resulted in a score of 85 for the display aspect (very good), 51 for the learning process aspect (good), and 54 for the learning material aspect. Whereas, from the students, it is 956 (very good) for the display aspect, 684 for the learning process aspect, and 847 for the content aspect (very good)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada mata kuliah Gambar Teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, (2) mengetahui kualitas Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada mata kuliah Gambar Teknik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Validasi modul elektronik ini dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba penelitian ini adalah 32 mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin FKIP UNSRI. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada mata kuliah Gambar Teknik layak untuk digunakan; (2) Kualitas produk modul elektronik ini sangat baik, hasil penilaian ahli media dan ahli materi ditinjau dari aspek tampilan 85 (sangat baik), aspek pembelajaran 51 (baik), dan aspek materi 54 (baik). Sedangkan hasil penialaian peserta didik uji coba lapangan pada aspek tampilan sebesar 956 (sangat baik), pada aspek pembelajaran sebesar 684 (sangat baik), dan pada aspek isi sebesar 847 (sangat baik).
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Hamalik, Oemar. 2007. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Hamalik, O. (2009) Pendekatan baru strategi belajar mengajar berdasarkan CBSA. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Irianto, A. (2008) Statistik konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. T
hiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i1.19125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN
Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats