Pengembangan Tool Holder untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa pada Pembelajaran Praktik Pemesinan

Authors

  • Surono Surono Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Febrianto Amri Ristadi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nurdjito Nurdjito Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Asnawi Asnawi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i1.19123

Keywords:

tool holder, pembelajaran praktik pemesinan, holder pahat bubut dalam

Abstract

This research aims to: (1) design a tool holder specified for existing machine tools in Machining Workshop at Mechanical Engineering Education of Universitas Negeri Yogyakarta; (2) Assess the feasibility of the developed design. The research used Research and development (R&D) design incorporating ADDIE Model. Data collection were performed using observation, questionnaire, and documentation. Data were analyzed using descriptive quantitative technique. The results are: (1) tool holder design was suited to the needs of the tools in the workshop, which are mill bits, internal turning tool holder, and tap holder; (2) the overall interpretation are "Agree" that the tool holder is feasible to use in machining practice.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menciptakan desain tool holder yang disesuaikan dengan mesin perkakas yang ada di bengkel pemesinan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan tool holder yang telah dikembangkan. Desain penelitian  yang  digunakan  adalah Penelitian dan Pengembangan/Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan ADDIE Model. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) desain tool holder yang dikembangkan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan pemakaian peralatan tersebut di bengkel mesin, yaitu mill bits, holder pahat bubut dalam, dan holder tap; (2) berdasarkan intepretasi data penilaian terhadap tool holder yang telah dikembangkan, secara keseluruhan diperoleh intepretasi "Setuju" bahwa alat (tool holder) tersebut layak digunakan sebagai alat bantu pemegang pahat pada proses pemesinan.

References

Anik Ghufron, dkk. (2007). Panduan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Borg, W.R., & Gall, M. D. (1998). Educational Research, an introduction. New York: Longman.

Dick & Carey. (2010). ADDIE Model. diakses pada tanggal 1 Maret 2010 dari: http://www.learning-theories.com/addie-model.html.

Tim Penyusun. (2014). Kurikulum 2014 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3). Jurusan Pend. Teknik Mesin FT UNY.

Ulrich, K.T., Eppinger, S.D. (2001). Product Design and Development. Mc Graw-Hill.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Surono, S., Ristadi, F. A., Nurdjito, N., & Asnawi, A. (2018). Pengembangan Tool Holder untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa pada Pembelajaran Praktik Pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i1.19123

Issue

Section

Articles