Pola Pendidikan Karakter Siswa SMK Berbasis Pesantren
Wahiddin Abbas, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
The purpose of this research are: 1) to determine the concept of character education pattern in SMK Syubbanul Wathon, and 2) to determine factors affecting Character Education Pattern of SMK Syubbanul Wathon students. The research is a descriptive research with a qualitative approach. The research was carried out in SMK Syubbanul Wathon Pondok Pesantren API Tegalrejo in the Magelang district. Data were collected using participative observations, thorough interviews, and documentation. Data validation were ensured by maintaining credibility, transferability, dependability and conformability. Result shows that the school’s character education pattern is based on akhlakul karimah which main traits are autonomy and modesty. It becomes the character and soul of students (santri) in their social life. The boarding school integrates Salafi teaching, with a more modernized facility and management. Factors affecting the education pattern are students’ social background and their behavior outside the boarding school.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui gambaran pola pendidikan karakter siswa SMK Syubbanul Wathon dan, 2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Pola Pendidikan Karakter siswa SMK Syubbanul Wathon. Penelilitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Syubbanul Wathon Pondok Pesantren API Tegalrejo Kab.Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan partisipatif, wawancara mendalam, pengumpulan dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan cara menjaga kredibilitas, transferabilitas, depandebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan karakter siswa SMK Subbanul Wathon berbasis pada akhlakul karimah yang berciri pada kemandirian dan kesederhanaan. Hal tersebut menjadi watak, jiwa siswa (santri) SMK Subbanul Wathon, dalam mengarungi kehidupan masyarakat. Integrasi pendidikan ala pondok pesantren Salaf, fasilitas dan manajemen yang cukup moderen. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pola pembinaan siswa SMK Subbanul Wathon diantaranya: latar belakang sosial siswa dan kebiasaan-kebiasaan siswa saat berada di luar lingkungan pondok
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
______. (2015). Development Character Education. Diakses melalui www.urbanext.illinois.edu pada 4 November 2017.
______. (2016). Character education for kids. Diakses melalui laman http://www.indianchild.com/character/character_education_index.htm pada 11 Desember 2017.
______. (2016). Character Education. Diakses melalui laman http://eduscapes.com/sessions/graphic/dynamic.html pada 12 Desember 2017.
Ary Kristiyani. (2014). Model Penalaran Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI FBS UNY. Jurnal DIKSI vol 2. 22. Elkin, D & Sweet, F. (2004). How to Do Character Education. Diakses melalui http://www.goodcharacter.com/Article_4.html pada 6 November 2017.
Lickona. (1991). Educating For Character. Diakses melalui laman http://www.goodcharacter.com/Article_4.html pada 10 November 2017.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Tutuk Ningsih. (2015). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) “Kartu Baca Ngaji Asyik” Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Kec. Sokaraja Kab. Banyumas. Laporan Penelitian IAIN Purwokerto, Purwokerto.
Wikipedia. (2017). Character Education melalui laman https://en.wikipedia.org/wiki/Character_education pada 8 November 2017.
Winarno Narmoatmojo. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruaan. Yogyakarta: Ombak
DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i1.19122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN
Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats