Implementasi Model Pembelajaran Competence Based Training (CBT) Berbasis Karakter dalam Praktik Pemesinan Frais

Paryanto Paryanto, Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Asnawi Asnawi, Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


The purpose of this study was to determine the impact of CBT Learning Model based on character in the milling machine practice, in relation with:  (1) changes in attitude and behavior of the students, and (2) improvement of students’ academic achievement. This research is a classroom action research. The research subjects were the B1 group of 3rd semester students of Mechanical Engineering Education Bachelor Degree program enrolled in Milling Machine Process course. Data were collected by means of observation and tests. Analysis of the data were carried out using quantitative-descriptive techniques. Results of this study are: (1) attitude and behavior of the students were improved with an average of 30.66%, and (2) students’ achievement were improved by an average of 17.55%.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan Model Pembelajaran CBT Berbasis Karakter dalam praktik pemesinan frais, yang terkait dengan: (1) perubahan sikap dan perilaku mahasiswa; (2) peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin yang mengikuti mata kuliah Proses Pemesinan Frais kelas B1. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) sikap dan perilaku mahasiswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata sebesar 30,66%; (2) prestasi belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 17,55%.


Keywords


CBT berbasis karakter, pemesinan frais

Full Text:

Fullpaper

References


Darmiyati Zuhdi, Komarudin Hidayat, dkk. (2009). Grand Design dan Nilai-Nilai Target Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press. Dedi Supriyadi, dkk. (2001) Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah., Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Depdiknas. (2002). Konsep Pendidikan Berorienatsi Kecakapan Hidup (Life skill) Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Kelas (Broad Base Education- BBE). Jakarta: Depdiknas. Gonczi, A. (1998). Developing a competent workforce: Adult training strategies for vocational educators and trainers. Leadbrook SA: National Centre for Vocational Education Research Ltd. Marihot Manullang. (2009). Grand Design Pendidikan Karakter Bangsa. Diambil dari: http://hariansib.com Sidik Purnomo. (2009). Prinsip Pembelajaran Berbasis Kompetensi . Diambil dari http://kidispur.blogspot.com/prinsip-pembelajaran-berbasis.html, pada tanggal 22 April 2009. -------------------. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional ------------------ Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN



Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats