Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis siswa yang terdiri dari aspek pemahaman diri, penguasaan informasi, dan sikap terhadap pemilihan program keahlian teknik mesin di SMK oleh para lulusan siswa SMP/MTs. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian korelasional dan bersifat ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 1095 orang siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 300 siswa ditentukan dengan formula Krejcie dan Morgan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan informasi, pemahaman diri, dan sikap siswa terhadap pemilihan program keahlian teknik mesin di SMK; (2) Faktor psikologis berupa penguasaan informasi, pemahaman diri dan sikap siswa memiliki pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menentukan pemilihan program keahlian teknik mesin di SMK bagi siswa lulusan SMP/MTs.
Keywords
pengaruh faktor psikologis, pilihan program keahlian di SMK