Pengaruh Strategi Pengorganisasian Elaborasi dan Gaya Kognitif Spasial Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin

Aan Ardian, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY
Zainur Rofiq, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Abstract


The purpose of this study are: (1) to determine the effect of elaboration organization strategy and textbook for students with distinct spatial cognitive style on learning outcomes of Mechanical Drawing course, (2) interaction between the learning strategy and the cognitive style in effect to the learning outcomes of Mechanical Drawing course. The methods being used was quasi experiment with 2 by 2 factorial design and Pretest-Posttest Control Group Design. Research population was all student enrolled in the Mechanical Drawing course. Results show that elaboration learning strategy perform better in the learning outcomes of mechanical drawing compared to using textbook, for students with high spatial cognitive. It also confirmed that there is an interaction between learning strategy and spatial cognitive which affects mechanical drawing skills of the students.

--------------------------------------------------------------------------------------

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh strategi pengorganisasian elaborasi dan buku teks pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif spasial berbeda terhadap hasil belajar mata kuliah Gambar Mesin, (2) interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar mata kuliah Gambar Mesin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen yang dilaksanakan dengan rancangan faktorial 2 x 2 dan Prestest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY yang mengikuti perkuliahan Gambar Mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai keterampilan gambar mesin mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Elaborasi sebesar 63,13 dan rerata nilai untuk strategi pembelajaran buku teks sebesar 57,97. Strategi pembelajaran secara elaborasi memberikan hasil keterampilan gambar mesin yang lebih tinggi daripada menggunakan buku teks bagi mahasiswa yang berkemampuan spasial tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan spasial yang mempengaruhi keterampilan gambar mesin mahasiswa.


Keywords


strategi pengorganisasian elaborasi, gaya kognitif spasial mahasiswa, hasil belajar gambar mesin

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/dinamika.v1i1.11451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL DINAMIKA



Lisensi Creative Commons 

Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin by http://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

 

in collaboration with:

 

 

View My Stats